Resep Politik Tidak Baperan! BHB 6 Periode Jadi Anggota DPRD Jateng

Resep Politik Tidak Baperan! BHB 6 Periode Jadi Anggota DPRD Jateng

Terkini | joglosemar.inews.id | Sabtu, 20 April 2024 - 19:10
share

BANYUMAS, iNewsJoglosemar.id Lima periode menjadi wakil rakyat di DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bambang Hariyanto Bachrudin (BHB) terpilih kembali dalam Pileg 2024. BHB membagikan resep politik di legislatif yakni tidak baperan.

Sederhana mas, ada tiga yaitu selalu bersyukur, jauhi rasa kecewa, dan baper. Itu yang konsisten saya pegang dengan kuat, ujar BHB yang saat ini menduduki kursi Ketua Komisi C DPRD Jateng.

Wakil rakyat yang selalu setia kepada PDI Perjuangan ini mengungkapkan memutuskan terjun di politik sejak 1990-an. Dia sudah memegang komitmen terhadap diri sendiri untuk menjauhkan rasa kecewa serta baper.

Sebab, politik itu fluktuatif, baik di internal partai ataupun di luarnya. Kalau dalam berpolitik kita cepat baper dan sedikit-sedikit kecewa, maka tidak akan bisa bertahan. Yang juga tidak kalah penting adalah harus selalu bersyukur, tuturnya.

Lebih lanjut BHB menuturkan, dalam setiap proses politik harus dibarengi dengan edukasi dan rekrutmen kepemimpinan. Supaya bisa menghasilkan rekrutmen kepemimpinan yang berkualitas, maka keduanya harus berjalan beriringan.

Menurutnya, edukasi politik bisa dilakukan dalam berbagai situasi serta berbagai cara. Dia mencontohkan, saat bertemu dengan konstituennya, lebih condong untuk menjelaskan tentang tugas dan fungsi DPRD.

Sehingga masyarakat memahami, perbedaan antara lembaga legislatif dan eksekutif, di mana DPRD merupakan penyambung rakyat, namun dalam hal kebijakan tidak bisa langsung melakukan eksekusi sebagaimana eksekutif, jelasnya.

Jadi pada masa kampanye misalnya, jika ada calon anggota legislatif yang bicara visi-misi, maka perlu dipertanyakan pemahamannya tentang fungsi dewan, katanya.

Bambang pertama menjadi menjadi anggota DPRD Jateng tahun 1999-2004 dari dapil Banyumas-Cilacap, pada periode berikutnya 2004 2009, dia kembali terpilih. Pada pemilu 2009-2014, BHB pernah dipindah menjadi caleg dari dapil VII, yang meliputi Kabupaten Purbalingga-Banjarnegara-Kebumen.

Tak mau mengeluh ataupun menyerah, BHB tetap optimistis melangkah di dapil barunya tersebut dan ia pun berhasil masuk kembali ke gedung dewan. Selanjutnya, pada pemilu 2014-2019 dan 2019-2024, Bambang kembali lagi menjadi caleg dari dapil VIII (kemudian Dapil XI), Banyumas-Cilacap dan dengan mulus ia kembali menduduki kursi DPRD Jateng.

Meskipun sudah hampir 10 tahun meninggalkan dapil VII, namun komunikasi dengan masyarakat pendukungnya di kabupaten tersebut masih terjalin. Bahkan, saat Lebaran kemarin, beberapa pendukungnya dari Purbalingga dan Banjarnegara masih berkunjung ke rumah BHB di Sokaraja.

Saya masih tergabung dalam grup bersama masyarakat dari dapil VII. Sebab, saya menempatkan hubungan saya dengan konstituen sebagai sebuah habluminannas, bukan hanya sekadar karena kepentingan politik saja. Begitu pula dengan konstituen lain di dapil VIII, komunikasi selalu terjalin dengan baik, sebab saya memang wakil mereka, tuturnya.

Topik Menarik