Rahasia Minyak Klentik Kelapa Ala Kitab Mustika Rasa Bung Karno

Rahasia Minyak Klentik Kelapa Ala Kitab Mustika Rasa Bung Karno

Infografis | sindonews | Kamis, 30 Mei 2024 - 09:04
share

TANAMAN kelapa atau utamanya buah kelapa mendapat perhatian khusus dalam Kitab Mustika Rasa, yakni kitab masakan dengan kumpulan resep Nusantara yang disusun Pemerintahan Soekarno atau Bung Karno.

Kitab Mustika Rasa diketahui disusun dalam rangka proyek ketahanan pangan sekaligus menjaga gizi rakyat. Pada era kekinian, makan siang gratis merupakan bagian dari proyek ketahanan pangan.

Baca juga: Kisah Soekarno Murka ke Pemberontakan PKI Madiun, Ibaratkan Muso Seperti Bisul yang Harus Dibasmi

Kita tentu tidak asing dengan kelapa hijau yang buah dan pohonnya besar-besar. Juga kelapa merah, gading, puyuh, manis, kopyor dan lilin. Kitab Mustika Rasa tidak hanya mengulas jenis buah kelapa beserta kandungannya.

Tapi juga memberi panduan bagaimana buah kelapa tidak hanya bisa dinikmati daging buahnya, kesegaran airnya, melainkan juga menghasilkan minyak untuk goreng-menggoreng.

Buah kelapa besar yang memiliki berat rata-rata 2 kg, daging ½ kg dan air ½ liter, mengandung minyak 66 . Sedangkan buah kecil dengan berat 1 kg, daging 400 gram, dan air 200 cc mengandung minyak 68 .

Mereka yang tumbuh era 90-an tentu masih ingat istilah minyak klentik atau blondo yang berasa gurih manis di lidah.

Baca juga: Kisah Denmas Mendung yang Obati Soekarno Kecil dengan Metode Ganti Nama

Melalui sejumlah cara memasak, dari sebutir buah kelapa dihasilkan minyak yang dilekati nama sesuai prosesnya. Berikut jenis minyak kelapa serta cara bikinnya sesuai Kitab Mustika Rasa:

Minyak Klentik

Sesuai namanya, klentik. Proses pembuatan minyak kelapa klentik melalui cara diklentik, yakni buah kelapa diparut, diambil santannya, lalu santan direbus hingga minyak mengambang di atas santan.

Minyak diambil dengan cara disendoki, dan endapan yang ada di bawah diberi nama belondo, rasanya manis dan gurih.

Minyak Bledigan

Minyak berasal dari ampas kelapa yang sudah diambil santannya. Proses pembuatan dimulai dengan menyimpan ampas dalam keranjang dengan durasi waktu simpan 4-5 bulan.

Pada saat penyimpanan, ampas dipadatkan dengan cara diinjak-injak dengan kaki. Orang-orang memberi nama bahan ampas itu gabar dengan kandungan minyak sekitar 5.

Setelah melalui proses pemeraman, gabar diperas dengan perkakas pemeras terbuat dari kayu. Minyak yang dihasilkan mendapat sebutan minyak bledigan.

Minyak Botokan

Berasal dari buah kelapa yang belum tua yang sebelumnya direndam air selama 2 hari 2 malam. Setelah dientas, buah kelapa ditutup dengan daun pisang selama 1 malam.

Setelah itu buah diparut dan disimpan dalam panci selama 1 malam. Parutan buah kelapa itu kemudian dijemur selama 2 hari dan diperas dengan perkakas pemeras terbuat dari kayu.

Minyak yang dihasilkan dari pemerasan itu dinamai minyak botokan.

Minyak Bacin

Bahannya adalah daging kelapa yang diparut dan kemudian dipendam dalam tanah beberapa hari. Bahan itu kemudian dikeluarkan untuk diinjak-injak dengan kaki.

Injakan itu mengeluarkan minyak. Lantaran berbau tidak enak alias bacin, minyak ini biasanya hanya dipakai untuk bahan bakar lampu.

Minyak Kopra

Proses pembuatannya kopra yang sudah dibersihkan digiling halus, lalu diperas dengan suhu tinggi oleh mesin hidraulik. Minyak yang keluar disaring bersih, dan bila perlu diputihkan termasuk menyingkirkan aroma yang tidak sedap.

Topik Menarik