Kebakaran Kapal Sea Safari 7 di Labuan Bajo, Paspor 15 Turis Asing Ludes

Kebakaran Kapal Sea Safari 7 di Labuan Bajo, Paspor 15 Turis Asing Ludes

Infografis | sindonews | Minggu, 5 Mei 2024 - 14:05
share

Kebakaran kapal pinisi Sea Safari 7 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengakibatkan paspor 15 turis asing hangus terbakar.

Korban telah melaporkan kehilangan yang mereka alami ke pihak kepolisian setempat agar memperoleh dokumen pendukung untuk mengurus barang dan dokumen yang hilang itu lebih lanjut.

Baca juga: Kapal Wisata Sea Safari 7 Terbakar di Perairan Labuan Bajo, Tim SAR Evakuasi Korban

Adapun barang milik turis yang hilang akibat kebakaran kapal itu meliputi handphone, laptop, kamera, pakaian, dan sejumlah dokumen penting lainnya termasuk paspor.

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Ari Satmoko mengungkapkan, setidaknya ada 15 turis mancanegara yang melaporkan paspornya hilang.

"Dokumen (yang hilang) ini dibutuhkan oleh para wisatawan itu agar dapat kembali ke negara asalnya dan juga untuk mengklaim asuransi barang berharga yang ikut terbakar," ungkap AKBP Satmoko dikutip Minggu (5/5/2024).

Dia mengatakan, polisi telah menerbitkan surat kehilangan dokumen dan barang berharga atau Laporan Kehilangan Barang (LKB) agar kemudian korban bisa pulang ke negara asal mereka.

Baca juga: 7 Tantangan Penyelamatan Kapal Selam Wisata Titanic

Demi meringankan korban dalam mengurus dokumen pendukung ini, pihaknya memberikan pelayanan khusus dengan mendatangi langsung hotel tempat mereka dievakuasi.

"Polres Manggarai Barat hadir langsung untuk melayani wisatawan yang menjadi korban kebakaran dalam rangka pembuatan surat kehilangan barang elektronik, pakaian, buku paspor, dan dokumen penting lainnya. Anggota menyambangi langsung ke hotel," kata Satmoko.

"Ini sebagai salah satu bentuk pelayanan kepolisian dalam mendukung pariwisata super premium Labuan Bajo," sambung dia.

Sebelumnya diberitakan, kapal wisata Sea Safari 7 mengalami kebakaran hebat di perairan sekitar Pulau Penga, Labuan Bajo, Manggarai Barat, pada Kamis (2/5/2024) pagi.

Sesuai data manifes, total ada sebanyak 26 wisatawan di kapal tersebut saat terjadi kebakaran. Tercatat ada 16 turis asing dan 10 wisatawan domestik. Selain itu, pemandu wisata dan anak buah kapal (ABK) sebanyak 7 orang.

Adapun rincian turis asing tesebut terdiri dari 3 turis asal Jepang, empat asal Cina, dan masing-masing 2 orang dari Inggris, Vietnam dan Amerika. Tiga lainnya masing-masing berasal dari Malaysia, Prancis dan Peru.

Kasat Polairud Polres Manggarai Barat, AKP I Wayan Merta mengatakan bahwa semua turis tersebut selamat. Satu ABK mengalami luka bakar dan sudah berada dalam penanganan medis.

Nahas menimpa kapal Sea Safari 7 saat trip atau perjalanan wisata hari ke-2 di kawasan Taman Nasional Komodo.

"Baru kemarin berangkat (trip), ini hari kedua," tutur AKP Merta.

Belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran ini. Dugaan sementara, kebakaran disebabkan oleh adanya kebocoran pada pipa bahan bakar. Polisi dan pihak terkait lain sementara melakukan penyelidikan

Topik Menarik