Viral Mahasiswa Undip Penerima KIPK Bergaya Hidup Mewah, Ini Respons Kampus

Viral Mahasiswa Undip Penerima KIPK Bergaya Hidup Mewah, Ini Respons Kampus

Infografis | sindonews | Kamis, 2 Mei 2024 - 15:29
share

Universitas Diponegoro (Undip) angkat bicara terkait viralnya mahasiswa penerima KIPK (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) yang punya gaya hidup mewah.

Manajer Layanan Terpadu dan Humas Undip Utami Setyowati menyebut mekanisme pendaftaran, verifikasi dan penetapan penerima sudah mengikuti ketentuan Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi Tahun 2024.

“Dilakukan monitoring dan evaluasi secara periodeik atas penerima KIPK oleh Undip dan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan,” kata Utami pada keterangannya yang diterima wartawan, Kamis (2/5/2024).

Baca juga; Inovasi Dinding Tahan Gempa Antar Mahasiswa Undip Juara 3 Pilmapres 2023

Kampus, kata Utami, sudah melakukan tindak lanjut baik berupa pemanggilan maupun survei ke tempat tinggal penerima yang diduga menerima KIPK. Selanjutnya, Undip akan mempertimbangkan kelanjutan pemberian bantuan KIPK.

“Segala konten yang diunggah mahasiswa diduga penerima KIPK adalah tanggung jawab pribadi,” tandasnya.

Diketahui, sejumlah nama mahasiswi Undip belakangan menjadi sorotan setelah kena spill netizen karena punya gaya hidup mewah, namun terdaftar sebagai penerima bantuan KIP Kuliah.

Salah satu nama yang dibongkar netizen adalah mahasiswi berinisial AM dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip, tercatat menerima KIP Kuliah sejak tahun 2022.

Topik Menarik