Warga Buton Tangkap Ular Piton Sepanjang 8 Meter Pemangsa Kambing

Warga Buton Tangkap Ular Piton Sepanjang 8 Meter Pemangsa Kambing

Infografis | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 21:41
share

Warga Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra), menangkap ular piton raksasa sepanjang 8 meter yang tengah memangsa kambing. Ular piton tersebut kemudian tangkap dan dibunuh warga karena dikhawatirkan menyerang manusia.

Video amatir merekam detik-detik penangkapan ular pitonraksasa yang memangsa ternak kambing warga di Desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sultra.

Ular piton seberat 50kg ditarik oleh belasan warga, kemudian dibawa ke tengah kampung dan menjadi tontonan warga.

Baca juga; 9 Fakta Menarik Ular Piton, Bisa Mangsa Manusia hingga Puasa Berbulan-Bulan

Ular piton yang memangsa kambing milik warga, kemudian dibunuh karena khawatir akan menyerang warga karena sudah masuk ke permukiman.

Petugas BKSDA Baubau, Alisman mengatakan, penemuan ular piton dengan ukuran besar selama dua bulan terakhir sudah dua kali terjadi. Pertama pada awal Maret 2024, ketika ular piton menyerang warga yang sedang mencari makanan ternak.

Alisman menjelaskan, Kabupaten Buton Tengah yang masih satu darat dengan Kabupaten Muna menjadi habitat ular piton dengan ukuran besar. Kondisi tanah di Kabupaten Buton Tengah berbatu dan berongga sehingga menjadi habitat ular piton.

Baca juga; Mengenal 13 Jenis Ular Piton di Indonesia

Sejak Januari 2024, sudah beberapa kali ditemukan ular piton berukuran besar menyerang ternak warga. Bahkan juga ular piton menyerang manusia.

Topik Menarik