30 Kloter Jemaah Haji Jabar 2024 Terbang dari Bandara Kertajati

30 Kloter Jemaah Haji Jabar 2024 Terbang dari Bandara Kertajati

Infografis | sindonews | Rabu, 24 April 2024 - 18:37
share

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencatat, ada sebanyak 13.200 calon jemaah haji2024 asal Jabar yang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Faiz Rahman mengatakan, jemaah haji Jabar yang berangkat dari Bandara Kertajatiini di antaranya yang berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) serta Subang, Sumedang, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

“Total jemaah yang berangkat dari BIJB Kertajati mencapai 13.200 orang yang terdiri dari 13.050 jemaah dan 150 petugas haji. Ini semua dari daerah asal Ciayumajakuning, Subang, Sumedang, Kota dan Kabupaten Bandung," ucap Faiz, Rabu (24/4/2024).

Baca juga; Penuhi Syarat, Bandara Kertajati Siap Jadi Bandara Haji

Faiz menyebut, seluruh jemaah haji nantinya akan melalui karantina di Asrama Haji Indramayu yang sudah beroperasi dan digunakan untuk pemberangkatkan tahun sebelumnya. Adapun untuk pemberangkatkan haji lewat BIJB ini akan melayani 30 kloter.

“Layanan penerbangan haji di BIJB Kertajati ada 30 koloter. Untuk per hari rata-rata akan memberangkatkan satu kloter," ujarnya.

Dari 30 kloter yang akan diberangkatkan melalui BIJB Kertajati, kata Faiz, nantinya akan dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan diberangkatkan sebanyak 12 kloter dan gelombang kedua sebanyak 18 kloter.

"Jadi total keberangkatan gelombang pertama 12 hari karena satu kloter satu hari. Sedangkan gelombang kedua 18 hari karena sesuai jumlah kloter," ungkapnya.

Baca juga; Menhub Sebut Bandara Kertajati Disiapkan Jadi Bandara Premium

Adapun jumlah jemaah haji asal Jabar di tahun 2024 ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Total kuota jemaah haji asal Jabar sebanyak 38.723 dan kuota tambahan sebanyak 1.478.

Faiz mengatakan, total jemaah haji se-Jabar yang akan berangkat tahun ini sebanyak 40.201. “Data total pemberangkatan jemaah haji di Jawa Barat yang akan berangkat ada sebanyam 40.201 orang,” tandasnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung mencatat, ada sebanyak 2.517 calon jemaah haji asal Kota Bandung yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun 2024.

Topik Menarik