H-6 Lebaran 2024, Ratusan Pemudik Pelat B Membeludak di Pelabuhan Merak

H-6 Lebaran 2024, Ratusan Pemudik Pelat B Membeludak di Pelabuhan Merak

Infografis | sindonews | Kamis, 4 April 2024 - 14:00
share

Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten mulai dipadati pemudik yang ingin menuju kampung halamannya menggunakan kapal ferry jelang Lebaran 2024. Mayoritas kendaraan itu berpelat nomor B asal Jakarta dan sekitarnya.

Pantauan iNews Media Group, pemudik di Pelabuhan Merak, Banten, tampak memenuhi sejumlah kantong-kantong parkir di enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif. Sejumlah penumpang terlihat antre menunggu masuk ke lambung kapal.

Pihak PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak sudah bersiap menangani lonjakan penumpang tersebut. Mereka membuka tiga pelabuhan sekaligus, yaitu Pelabuhan Merak, Pelabuhan Pelindo Ciwandan, dan pelabuhan di Bojonegara.

GM PT ASDP Pelabuhan Merak Suharto mengatakan, pihaknya sudah siap dengan lonjakan jumlah pemudik. Mereka telah membuka tiga pelabuhan di Provinsi Banten, menyediakan kapal dengan kapasitas besar, dan membuka seluruh dermaga reguler dan eksekutif.

Kami berharap para pemudik membeli tiket minimal satu hari sebelum keberangkatan untuk menghindari kemacetan, kata Suharto, Kamis (4/4/2024).

Berdasarkan catatan PT ASDP, realisasi kendaraan roda dua yang telah menyeberang mencapai 1.918 unit atau turun 53 persen dibandingkan realisasi tahun lalu yang mencapai 4.079 unit.

Kendaraan roda empat mencapai 6.794 unit atau turun 27 dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 9.305 unit. Bus yang menyeberang mencapai 411 unit atau turun 21 dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 521 unit.

Sedangkan truk logistik yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 3.316 unit atau turun 3 dibandingkan realisasi periode yang sama di tahun lalu sebanyak 3.429 unit.

Total seluruh kendaraan tercatat 12.439 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-7 kemarin, atau turun 28 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 17.334 unit.

Topik Menarik