Distribusi Kotak Rekapitulasi Suara Pemilu Sempat Tertunda Cuaca Buruk, KPU Pastikan Aman

Distribusi Kotak Rekapitulasi Suara Pemilu Sempat Tertunda Cuaca Buruk, KPU Pastikan Aman

Infografis | sindonews | Jum'at, 1 Maret 2024 - 11:22
share

Proses distribusi kotak rekapitulasi suaraPemilu 2024 di Kabupaten Bandung sempat terhambat. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung memastikan penyelesaiannya akan segera dilakukan.

Kotak rekapitulasi suara dari 31 Kecamatan Kabupaten Bandungsebagian besar telah tiba di Gudang KPU di Kecamatan Katapang. Namun, satu Kecamatan, yaitu Margahayu, masih tertinggal dalam proses distribusi.

Kasubbag Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Kabupaten Bandung, Dheny Irawan, menjelaskan bahwa keterlambatan ini disebabkan oleh masalah pengemasan, bukan hal lain.

Baca juga; KPU Harus Pastikan Rekapitulasi Suara Pemilu Transparan

“Kami telah menerima box (kotak) rekapitulasi suara dari 30 kecamatan, hanya Kecamatan Margahayu yang masih dalam proses pengiriman dan diperkirakan akan segera tiba," ujar Dheny saat dihubungi, Jumat (1/3/2024)

Meskipun demikian, kendala distribusi tersebut sebagian besar telah diatasi. Proses pendistribusian telah dimulai sejak tanggal 20 Februari 2024.

Namun, beberapa kecamatan seperti Cicalengka dan Pacet mengalami kendala akibat cuaca buruk. "Kecamatan Cicalengka dan Pacet terdampak angin puting beliung dan hujan besar, sehingga menghambat proses distribusi," tambahnya.

Sementara itu, rapat pleno rekapitulasi atau penghitungan suara di KPU Kabupaten Bandung direncanakan akan digelar selama tiga hari berturut-turut di Hotel Sutan Raja.

Baca juga; Rekapitulasi Suara KPU Dinilai Kacau, Akademisi Sampaikan 4 Hal

“Pada hari pertama, akan melibatkan 11 kecamatan, kemudian diikuti oleh 20 kecamatan pada hari kedua, dan penandatanganan pada hari ketiga dan kemudian logistik akan dipindahkan dari gudang ke lokasi pleno pada hari H," tutupnya.

Topik Menarik