Puting Beliung Terjang Sumedang dan Bandung, BPBD Jabar: 151 Rumah Rusak Berat

Puting Beliung Terjang Sumedang dan Bandung, BPBD Jabar: 151 Rumah Rusak Berat

Infografis | sindonews | Kamis, 22 Februari 2024 - 10:06
share

Angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung pada Rabu (21/2/2024) sore, mengakibatkan kerusakan pada ratusan rumah dan berdampak pada ribuan jiwa.

Berdasarkan update terbaru dari BPBD Jawa Barat, di Kabupaten Sumedang, sebanyak 413 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa yang masih dalam pendataan dan validasi terdampak angin puting beliung. 12 orang mengalami luka-luka.

Di Kabupaten Bandung, 422 KK atau 1.359 jiwa terdampak dan 21 orang mengalami luka-luka. Angin puting beliung juga merusak 13 unit bangunan pabrik, 10 unit rumah rusak sedang, 18 bangunan pabrik dan toko terdampak, 223 unit rumah rusak ringan, 119 unit rumah rusak sedang, dan 151 unit rumah rusak berat.

"Saat ini, BPBD dibantu Basarnas, TNI, Polri, dan aparatur setempat bersama warga sekitar sedang membersihkan puing-puing yang berserakan dan membantu menebang pohon yang menghalangi jalan," ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat.

Baca Juga: Awan Cumulonimbus Penyebab Puting Beliung di Jatinangor Sumedang

Pendataan dan assessment masih terus dilakukan untuk mengetahui jumlah pasti kerusakan dan kebutuhan para korban.

Hadi menjelaskan, selain korban terdampak, beberapa bangunan juga kini tengah di assesment dengan bangunan rusak paling parah di Kabupaten Bandung.

"Kita masih melakukan Asessment ke lokasi kejadian, BPBD juga dibantu Basarnas, TNI, Polri dan aparatur setempat bersama warga sekitar membersihkan puing puing yang berserakan dan membantu menebang pohon yang menghalangi jalan," ungkapnya.

"Saat ini kita terus melakukan pembersihan puing puing yang berserakan dan juga pendataan warga yang terdampak dan assesment dilanjutkan hari ini," pungkasnya.

Topik Menarik