Rusia: NATO Sengaja Tingkatkan Tensi Konflik Ukraina ke Level Baru

Rusia: NATO Sengaja Tingkatkan Tensi Konflik Ukraina ke Level Baru

Terkini | inews | Kamis, 30 Mei 2024 - 19:33
share

MOSKOW, iNews.id - Rusia menilai negara-negara NATO, khususnya Amerika Serikat, sengaja meningkatkan tensi seputar konflik Ukraina dalam beberapa hari terakhir. Hal tersebut memicu babak baru ketegangan antara Moskow dan Barat.

"Mereka (NATO) melakukan ini dengan sengaja, kami mendengar banyak pernyataan yang bersifat agresif. Ini tidak lebih dari memprovokasi tingkat ketegangan yang baru," kata Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan pada Kamis (30/5/2024).

Menurut dia, negara-negara NATO memprovokasi Ukraina untuk melanjutkan perang yang tidak masuk akal dengan Rusia. Dia pun mengingatkan, tindakan provokatif tersebut pasti akan ada konsekuensinya.

"Kerugian pada akhirnya akan terjadi pada negara-negara yang telah mengambil jalan peningkatan ketegangan di jalur Ukraina," ucap Peskov.

Dalam beberapa waktu terakhir, para pemimpin NATO mengeluarkan pernyataan yang semakin mendukung untuk terjadinya perang besar antara Rusia dan Barat di Ukraina. Senin (27/5/2024) lalu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, kepada Economist, bahwa para anggota NATO yang memasok senjata ke Ukraina harus mengakhiri larangan menggunakannya untuk menyerang sasaran militer di Rusia. 

Beberapa bulan lalu, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengungkapkan adanya keinginan dari sejumlah negara NATO untuk mengirimkan pasukan mereka ke Ukraina. Namun, gagasan itu belum mencapai kesepakatan apa pun di antara sesama amggota aliansi militer tersebut.

Topik Menarik