Diserang Rasisme dari Indonesia, Federasi Guinea Langsung Bikin Pernyataan

Diserang Rasisme dari Indonesia, Federasi Guinea Langsung Bikin Pernyataan

Olahraga | inews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 14:44
share

CLAIREFONTAINE, iNews.id - Akun media sosial (medsos) Federasi Sepak Bola Guinea (FGF) diserang hinaan rasisme dari para fans sepak bola Indonesia. FGF pun langsung mengeluarkan pernyataannya. 

Kekecewaan mendalam dirasakan para fans sepak bola Indonesia. Mereka sedih Timnas Indonesia U-23 gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024. Garuda Muda gagal tampil di multiajang empat tahunan itu setelah kalah 0-1 dari Timnas Guinea U-23 di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB. 

Ironisnya, beberapa pihak menumpahkan kekecewaan itu dengan menyerang akun medsos FGF di Instagram dan juga X dengan berbagai komentar dan emoji bernada rasis. 

Akun X Federasi Sepak Bola Guinea diserang komentar dan emotikon berbau rasis. (Foto: X)
Akun X Federasi Sepak Bola Guinea diserang komentar dan emotikon berbau rasis. (Foto: X)

Kondisi tak mengenakkan itu sampai membuat FGF mengeluarkan pernyataan. Di akun Instagram, akun resmi FGF, @joueurs_gn, sampai harus menonaktifkan komentarnya. 

“Dalam menghadapi banjir besar hinaan rasis dan emoji monyet dari pendukung Indonesia, JGN harus menonaktifkan komentar di halaman Instagram-nya,” tulis FGF di akun Instagram @joueurs_gn, Jumat (10/5/2024).

“Rasisme semakin mengambil tempat dalam sepak bola yang merupakan olahraga yang seharusnya menyatukan kita, kita tidak akan berhenti melawannya! TIDAK UNTUK RASISME!” bunyi pernyataan itu lagi.

Sementara di akun X, @joueurs_gn, FGF juga memberi himbauan kepada suporter Indonesia untuk menghentikan hinaan mereka. 

“Apa pun yang Anda lakukan, kami ada di Olimpiade. Bukan komentar rasis Anda yang akan membawa Anda ke sana,” tulis FGF di akun X, @Joueurs_GN.

“Sejak pertandingan berakhir, masyarakat Indonesia datang ke postingan kami dengan pesan rasis.”

Topik Menarik