Tiba di Jeddah, 437 Petugas Haji Indonesia Jalani Haji Tamattu 

Tiba di Jeddah, 437 Petugas Haji Indonesia Jalani Haji Tamattu 

Terkini | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 06:24
share

JEDDAH, iNews.id - Sebanyak 437 petugas haji Indonesia yang tergabung dalam Daker Bandara dan Madinah langsung melaksanakan ibadah haji tamattu setelah tiba di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (9/5/2024). Para petugas selanjutnya akan bersiap melayani jemaah.

Rombongan petugas haji ini mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 17.30 waktu Saudi dengan penerbangan Garuda GA 980 dari Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia.

Sesampainya di Bandara Internasional King Abdul Aziz, rombongan disambut langsung oleh Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Abdillah, di pintu kedatangan.

"Selamat datang di Arab Saudi. Alhamdulillah semoga sehat semua," kata Kadaker Bandara Abdillah.

Para petugas haji kemudian bergegas untuk melakukan mandi wajib, mengambil miqat, dan berniat ihram untuk melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu, sebelum kemudian dilanjutkan dengan ibadah haji.

Sebelum berniat ihram dan umrah, para petugas terlebih dahulu menjamak salat Magrib dan Isya di musala Bandara Internasional King Abdul Aziz.

Setelah selesai salat dan berniat umrah, dipandu oleh konsultan ibadah masing-masing Daker, para petugas bergerak menuju Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji tamattu.

Haji tamattu adalah jenis haji yang dilakukan dengan melakukan ibadah umrah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan ibadah haji.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal Kementerian Agama Faisal Ali Hasyim menekankan pentingnya kekompakan dan kedisiplinan para petugas untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah haji.

"Tidak ada kesuksesan tanpa kekompakan. Kepuasan jemaah haji harus meningkat. Taat pada peraturan. Tertib. Semua sama yaitu petugas. Taati peraturan. Siap semuanya!" ujarnya, Rabu (8/5/2024).

Faisal berharap, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini lebih baik dari sebelumnya. Dia optimistis hal itu dapat dicapai dengan kerja sama dan kekompakan para petugas.

"Semua itu bisa dicapai dengan persahabatan yang dibangun antar petugas," ucapnya.

Sebelum diberangkatkan, para petugas telah dibekali bimbingan teknis agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Ikuti SOP, patuhi instruktur atau koordinator untuk seluruh tugas-tugas yang akan dilakukan," ujar Faisal.

Topik Menarik