Profil dan Biodata Ali Jasim, Top Skor Piala Asia U-23 2024 yang Pernah Kalahkan Klubnya Kante dan Benzema 

Profil dan Biodata Ali Jasim, Top Skor Piala Asia U-23 2024 yang Pernah Kalahkan Klubnya Kante dan Benzema 

Olahraga | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 19:38
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Ali Jasim menjadi perhatian para pencinta sepak bola Tanah Air. Timnas Indonesia U-23 harus gagal lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024 usai takluk dari Irak di laga perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 2024 dengan skor 1-2.

Indonesia sempat unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak oleh Ivar Jenner pada menit ke-19. Tendangan gelandang FC Utrecht U-21 dari luar kotak penalti itu tidak dapat ditepis oleh kiper Irak, Hussein Hasan.

Namun, keunggulan skuad asuhan Shin Tae-yong hanya bertahan 9 menit. Usai Zaid Tahseen mampu menyamakan keunggulan lewat skema tendangan sepak pojok.

Kemenangan di laga Indonesia vs Irak pun harus ditentukan lewat perpanjangan waktu. Ali Jasim menjadi mimpi buruk bagi skuad Garuda Muda usai sang pemain mampu membobol gawang Ernando Ari di menit ke-96.

Tak hanya meraih juara ketiga Piala Asia U-23 2024 dan lolos ke Olimpiade 2024, Ali juga berhak membawa pulang sepatu emas ajang tersebut dengan koleksi 4 gol.

Berita itu membuat publik penasaran dengan profil dan biodata Ali Jasim. Berikut iNews.id akan berikan informasinya, Rabu (8/5/2024).

Profil dan Biodata Ali Jasim

Ali-Jasim El-Aibi Al-Tameemi atau lebih dikenal dengan nama Ali Jasim. Ia dilahirkan di Ibu Kota Irak, Baghdad pada 20 Januari 2004. Pemain berusia 20 tahun ini terbiasa main di posisi winger kiri.

Menurut situs transfermarkt, di awal kariernya Ali sempat memperkuat klub Irak, Al Karkh. Lalu, pada musim 2020/2021 ia memilih pindah ke klub Al-Shorta SC.

Setelah itu, Ali tercatat sempat dipinjamkan ke klub Al-Kahrabaa Club selama semusim pada pertengahan musim 2021/2022. Setelah masa peminjamannya habis, pihak klub memutuskan untuk mempermanenkan sang pemain.

Semusim berselang, Al-Kahrabaa Club memutuskan untuk menjual sang pemain ke klub Liga Turki, Antalyaspor. Namun, pemain bertinggi 1,78 m ini dilepas secara gratis ke klub lamanya, Al-Kahrabaa tanpa suatu alasan yang jelas.

Kini Ali tengah memperkuat klub Al-Quwa Al-Jaw berstatus sebagai pemain pinjaman selama semusim. Di Liga Champions, pemain bernomor punggung 7 di Timnas Irak U-23 ini telah mencetak 4 gol dan 6 penampilannya di fase grup.

Meski masih berusia 20 tahun, Ali telah dipercaya untuk masuk skuad Timnas Irak senior. Sejauh ini sang pemain telah tampil sebanyak 11 kali dan cetak 6 gol bersama skuad Singa Mesopotamia.

Bukan sekali ini saja Ali pernah menghadapi Indonesia. Pemain yang mampu berposisi sebagai penyerang depan ini juga jadi bagian dari skuad Irak yang mengalahkan skuad Garuda 1-3 di laga Grup D Piala Asia 2023.

Menariknya, Ali ternyata sempat mengalahkan klub Liga Arab Saudi, Al Ittihad 2-0 di laga Liga Champions Asia musim 2023/2024. Satu dari dua gol berhasil ia bobol ke gawang klub yang diperkuat oleh Karim Benzema dan N'Golo Kante tersebut.

Demikian ulasan mengenai profil dan biodata Ali Jasim. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik