Massa Mahasiswa Pendukung Palestina Duduki Universitas Amsterdam Belanda

Massa Mahasiswa Pendukung Palestina Duduki Universitas Amsterdam Belanda

Terkini | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 15:09
share

AMSTERDAM, iNews.id – Massa mahasiswa pendukung Palestina menduduki salah satu lokasi Universitas Amsterdam (UvA), Belanda, sepanjang Selasa (7/5/2024) malam waktu setempat. Sehari sebelumnya, para pendemo sempat bentrok dengan polisi di ibu kota negeri kincir angin itu.

Dalam sebuah pernyataan, Kepolisian Amsterdam mengungkapkan, UvA tidak meminta mereka untuk menghentikan aksi protes itu. Namun, sayangnya pada Senin (6/5/2024) malam, pasukan polisi antihuru-hara malah membubarkan dengan kasar sebuah perkemahan yang didirikan para demonstran di kampus perguruan tinggi tersebut.

Sementara pihak UvA menyatakan, selepas tengah malam tadi, mereka ingin mencari solusi terhadap para mahasiswa yang telah mengggelar aksi unjuk sejak Senin itu. UvA pun mengklaim aksi protes tersebut telah menyebabkan “kerusakan besar” pada gedung-gedungnya. 

Pihak universitas akan menutup beberapa lokasi pada Rabu ini menyusul sejumlah blokade yang dibuat di sekitar kampus.

Di Universitas Utrecht, sekitar 40 km sebelah selatan Amsterdam, polisi setempat membubarkan paksa demonstrasi pro-Palestina di perpustakaan kampus itu. Insiden itu terungkap lewat pernyataan universitas setempat, hari ini.

Topik Menarik