Bandara VVIP IKN Siap Beroperasi Terbatas Agustus 2024, Hanya Tampung 3 Pesawat

Bandara VVIP IKN Siap Beroperasi Terbatas Agustus 2024, Hanya Tampung 3 Pesawat

Ekonomi | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 14:28
share

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) siap beroperasi pada Agustus 2024 mendatang. Nantinya bandara tersebut hanya mampu menampung tiga pesawat saja.

Luhut menjelaskan, pengoperasian Bandara VVIP IKN masih cukup terbatas sembari menunggu pengerjaan konstruksi rampung seluruhnya.

"Airport akan bisa didarati dan bisa mengakomodasi tiga pesawat untuk sampai tanggal 17 Agustus (2024), tapi untuk selesai kira-kira satu tahun lagi selesai," ujar Luhut saat mengunjungi IKN, Kalimantan Timur, dikutip, Rabu (8/5/2024).

Selain meninjau kondisi pembangunan Bandara VVIP IKN, Luhut mengaku sudah meninjau Jalan Tol IKN segmen 3A dan 3B melalui udara, lalu dilanjutkan meninjau akses jalan tol IKN segmen 5A, termasuk dermaga logistik IKN,

Pembangunan infrastruktur menjadi bagian penting dalam mendukung dan mempercepat pembangunan Ibukota baru kedepannya. Targetnya, secara keseluruhan konstruksi infrastruktur dasar di IKN sudah mencapai 80 persen pada Agustus mendatang. 

"Kita berharap upaca 17 Agustus akan bisa dilakukan di sini, masih ada sedikit-sedikit yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses, 80 persen sudah bisa selesai sampai tanggal 17 Agustus (2024)," tuturnya.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono juga menyampaikan bahwa jalan tol, bandara, jembatan, menjadi hal utama dalam pembangunan, karena ini akan mempercepat mobilisasi dan efisiensi waktu. 

"Kita tengah mempersiapkan agenda 17 Agustus-an, satu sejarah besar perhelatan Indonesia, nantinya juga akan ada event menarik untuk memeriahkan," kata Bambang.

Topik Menarik