Jokowi Ungkap Cadangan Beras Bulog Saat Ini Tembus 1,6 Juta Ton, Biasanya 1,2 Juta Ton

Jokowi Ungkap Cadangan Beras Bulog Saat Ini Tembus 1,6 Juta Ton, Biasanya 1,2 Juta Ton

Ekonomi | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 14:30
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Jokowi meninjau Pasar Baru, Karawang, Jawa Barat pada Rabu (8/5/2024). Dalam kesempatan itu, ia mengungkapkan saat ini cadangan beras Bulog sudah mencapai 1,6 juta ton.

Menurut Jokowi angka tersebut di atas rata-rata. Sebab, biasanya cadangan beras pemerintah hanya berada di angka 1,2 juta ton dan di bawahnya.

"Kalau stok di Bulog sendiri ada 1,6 juta. Biasanya stoknya itu maksimal hanya 1,2 atau yang sering di bawah 1,2 juta rata-rata. Sekarang stok kita ini 1,6 juta ton. Coba dicek ke Bulog benar nggak," ucap dia usai kunjungan.

Meskipun begitu, Jokowi mengaku telah mengantisipasi kemarau dengan membuat sumur pompa agar pertanian Indonesia tidak mengalami krisis. Hal itu dikerjakan oleh Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR.

"Tapi apa pun ini kami telah antisipasi kemarau dengan membuat sumur pompa agar tidak kekurangan air terutama di titik pertanian, ini sudah dimulai Kementerian Pertanian dan PU," ujarnya.

Sementara itu, Jokowi mengklaim saat ini harga beras telah turun. Harganya berada di kisaran Rp12.000 hingga Rp13.000 sehingga akan berdampak baik pada inflasi.

"Beras lokal memang sudah membludak, harganya Rp12.000 - Rp13.000 ya saya kira harganya baik artinya dari angka inflasi akan turun dari bulan kemarin," kata Jokowi.

Topik Menarik