Jokowi Restui Perpanjang Izin Ekspor Freeport: Telah Membangun Smelter dan Hampir 100 Persen

Jokowi Restui Perpanjang Izin Ekspor Freeport: Telah Membangun Smelter dan Hampir 100 Persen

Ekonomi | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 13:10
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia. Seperti diketahui, Izin ekspor Freeport akan berakhir pada akhir bulan Mei ini.

"Ya terus dong, ya diperpanjang. Hanya kita ini masih berhitung mengenai dikenakan berapa," kata Jokowi kepada wartawan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Salah satu alasan izin ekspor diperpanjang, kata Jokowi, karena Freeport telah bergerak cepat membangun smelter. Bahkan, progresnya sudah hampir rampung 100 persen.

"Telah membangun smelter dan sudah selesai hampir 100 persen. Kita ikuti kok, mingguannya kita ikuti pembangunan sampe berapa persen, berapa persen," ucap dia.

Maka dari itu, Jokowi menilai bahwa Freeport juga menunjukkan keseriusannya untuk ikut serta dalam hilirisasi di dalam negeri.

"Saya kira dengan selesainya smelter itu menunjukkan keinginan kuat mereka untuk hilirisasi, untuk downstreaming di dalam negeri. Saya kira itu bagus sekali dan itu harus dihargai lho ya," ujar Jokowi.

Topik Menarik