20 Bus Ramah Lansia dan Disabilitas Siap Layani Jemaah Haji di Makkah

20 Bus Ramah Lansia dan Disabilitas Siap Layani Jemaah Haji di Makkah

Terkini | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 11:01
share

MAKKAH, iNews.id - Kementerian Agama telah menyiapkan 20 bus khusus yang ramah lansia dan disabilitas untuk melayani transportasi di Makkah selama musim haji 1445 H. Bus-bus ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memudahkan mobilitas jemaah.

Fasilitas itu di antaranya deck yang bisa diturunkan untuk memudahkan jemaah naik bus, terutama bagi lansia dan pengguna kursi roda.

Lalu, Pintu bus yang dilengkapi deck yang bisa dilalui kursi roda. Kemudian, ruang khusus untuk kursi roda di bagian tengah bus.

Bus juga dilengkapi dengan pendingin udara, pemecah kaca, P3K, APAR, GPS, ban cadangan, tombol pintu darurat untuk keamanan dan kenyamanan jemaah.

Bus selawat akan melayani jemaah dari hotel ke Masjidil Haram selama 24 jam, dengan 22 rute yang disiapkan untuk antar jemput jemaah di lima wilayah yakni Syisyah, Raudhah, Misfalah, Jarwal, dan Rei Bakhsy.

Sedangkan bus antarkota akan melayani rute Bandara Madinah ke Hotel Madinah (dan sebaliknya), Hotel Madinah ke Hotel Makkah (dan sebaliknya), serta Bandara Jeddah ke Hotel di Makkah (dan sebaliknya).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa bus-bus ini tidak hanya dipamerkan, tetapi akan dioperasikan secara maksimal untuk melayani jemaah haji.

"Saya pastikan agar bus tidak hanya dipamerkan tapi pada waktunya dioperasikan agar dimanfaatkan jemaah haji kita," ujar Menag Yaqut, Rabu (8/5/2024).

Selain itu, Kemenag juga telah menyiapkan 76 halte dengan petugas transportasi yang berjaga 24 jam penuh untuk membantu jemaah.

Topik Menarik