Austria Klaim Tak Berniat Gabung NATO

Austria Klaim Tak Berniat Gabung NATO

Terkini | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 10:38
share

WINA, iNews.id – Austria tidak memiliki rencana untuk bergabung dengan aliansi militer NATO. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Austria, Alexander Schallenberg, pada pertemuan parlemen, pekan ini.

Sebelumnya, laporan media menyebutkan adanya surat yang ditulis oleh perwakilan Austria yang ditujukan kepada Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Hal itu menimbulkan pertanyaan di kalangan Parlemen Austria mengenai pemulihan hubungan negara tersebut dengan aliansi militer pimpinan AS tersebut.

“Kami tidak punya niat untuk bergabung dengan (NATO),” kata Schallenberg di parlemen dalam pernyataannya, Selasa (7/5/2024).

Surat kabar Austria die Presse sebelumnya melaporkan bahwa Wina bersama Irlandia, Malta, dan Swiss bermaksud untuk memperkuat hubungan mereka dengan NATO. Hal itu terungkap lewat surat yang dikirimkan oleh diplomat Austria ke NATO pada Desember 2023.

Menurut laporan surat kabar itu, perwakilan dari negara-negara tersebut membuat proposal khusus tentang bagaimana kerja sama militer mereka dapat dikembangkan. Usulan yang diajukan mulai dari kemungkinan mereka berpartisipasi dalam latihan gabungan tambahan dengan NATO, hingga akses istimewa terhadap dokumen dan informasi terkait keamanan.

Topik Menarik