Pemilu Usai, MUI Siap Jadi Mitra Pemerintah Dukung Prabowo-Gibran 

Pemilu Usai, MUI Siap Jadi Mitra Pemerintah Dukung Prabowo-Gibran 

Terkini | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 09:55
share

JAKARTA, iNews.id -Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Iskandar menegaskan siap berdiri di belakang pemerintah dan mendukung pemerintah usai Pemilu 2024. MUI akan ikut mengawal kebijakan pemerintah.

Dukungan ini diberikan kepada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka apabila memiliki komitmen memberikan pelayanan kepada rakyat melalui program-program yang bermanfaat. 

"Ini platform yang dimiliki MUI dalam bekerja untuk melaksanakan tanggung jawab (masuliyah) menjaga agama, NKRI serta menjaga, mengayomi, dan membimbing umat," ungkap Kiai Anwar saat memberikan sambutan dalam Halalbihalal MUI 2024 di Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Lebih lanjut, Kiai Anwar menyampaikan posisi MUI sebagai mitra pemerintah atau shodiqul hukumah. Posisi tersebut diiringi dengan prinsip-prinsip saling menolong (ta’awun), menyayangi (tahabub), memaafkan (taafuf), dan memberi maslahah (kebaikan dan kemanfaatan) (tashaluh). 

Pada kesempatan itu, dia mengajak  segenap elemen bangsa Indonesia kembali merajut tali silaturahim setelah pelaksanaan Pemilu 2024. 
Menurutnya stabilitas nasional merupakan modal penting bagi negara ini menuju Indonesia yang lebih baik.

"Tidak ada lagi persaingan antara 01, 02, dan 03. Yang ada saat ini adalah apapun latar belakang politik dan kepentingannya bergandeng tangan songsong Indonesia menuju masa depan,” kata Kiai Anwar.

Kiai Anwar menekankan, kegiatan halalbihalal ini bukan hanya untuk menguatkan terkait pentingnya saling memaafkan di antara kita melainkan menyudahi adanya polarisasi setelah kontestasi pada Pemilu 2024. 

Oleh karena itu, Kiai Anwar mengajak seluruh seluruh warga negara untuk bergandengan tangan dan bersatu untuk menyongsong Indonesia maju di masa yang akan datang. 

"Halalbihalal ini seperti sila ketiga Pancasila yakni persatuan Indonesia. Persatuan Indonesia program penting bagi bangsa dan negara ini untuk melangkahkan kakinya untuk Indonesia yang lebih baik,"katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Halalbihalal 2024 MUI, KH M Cholil Nafis,  mengatakan pertemuan berbagai tokoh dalam satu wadah pascapemilu dapat menjadi momentum mengeratkan persatuan bangsa. Tidak hanya mengundang tokoh bangsa, MUI juga turut mengundang tokoh lintas iman dalam kegiatan ini.

"Kita ingin saling memaafkan antarsesama. Kita juga ingin menyampaikan kepada publik bahwa kita mendahulukan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi atau golongan sendiri," tuturnya.

Topik Menarik