Cek Pembangunan, Luhut Optimistis Upacara HUT RI ke-79 Digelar di IKN

Cek Pembangunan, Luhut Optimistis Upacara HUT RI ke-79 Digelar di IKN

Ekonomi | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 08:09
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengecek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Ia pun optimistis upacara HUT RI ke-79 bisa digelar di sana.

Menurut Luhut, saat ini progres pembangunan IKN telah mencapai 80 persen. Maka dari itu ia berharap seluruh proses bisa selesai sesuai target.

"Kami pun optimis bahwa Upacara Peringatan HUT RI ke-79 yang digelar pada 17 Agustus 2024 mendatang, akan bisa kita laksanakan dan saksikan secara langsung di Lapangan Upacara yang ada di Istana Negara Ibu Kota Nusantara," tulisnya di akun Instagramnya, Rabu (8/5/2024).

Meskipun begitu, ia tak menampik bahwa saat ini masih ada beberapa masalah terkait pembebasan lahan di IKN. Ia pun meminta agar permasalahan tersebut bisa diselesaikan tanpa merugikan masyarakat.

Klik halaman selanjutnya untuk membaca>>

"Tidak boleh ada satu pun masyarakat sekitar yang dirugikan karena pembangunan IKN, bila perlu mereka harus mendapat ganti untung dan manfaat yang nyata," tutur dia.

Bahkan, ia mengimbau agar permasalahan tersebut dicek kasus per kasus. Bila mana masyarakat ingin direlokasi maka harus dibangunkan hunian yang layak dan bila ingin kompensasi diberikan dengan nilai yang wajar dan adil.

"Kita harus melihat permasalahan secara kasus per kasus. Sebab, setiap warga lokal punya budaya dan tradisi yang berbeda-beda yang harus kita hargai. Bila memang harus dilakukan relokasi, maka harus dibangunkan hunian yang layak dan bagus bangunannya, agar seimbang dengan hasil pembangunan IKN sendiri. Bila memang harus diberikan kompensasi, nilainya harus wajar dan adil sesuai kesepakatan masyarakat dan pemerintah," ucap Luhut.

Topik Menarik