Wacana Prabowo Bentuk 40 Kementerian, Wapres Ma’ruf Amin: Harus Diisi Kalangan Profesional

Wacana Prabowo Bentuk 40 Kementerian, Wapres Ma’ruf Amin: Harus Diisi Kalangan Profesional

Berita Utama | inews | Rabu, 8 Mei 2024 - 02:45
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin merespons wacana kabinet gemuk Presiden dan Wapres terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang berisi 40 menteri. Dia mengingatkan kabinet pemerintahan baru harus diisi oleh kalangan profesional.

Saya kira yang pasti tentu harus diisi kalangan profesional, cuma profesional itu bisa mempresentasikan partai-partai politik, bisa juga yang lainnya, nanti tergantung negosiasinya, kata Wapres usai menghadiri acara Halal Bihalal MUI di Grand Sahid, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Wapres mengatakan kalangan profesional bisa dari politisi maupun nonpartai. Dia pun mengungkapkan keputusan dari pemerintahannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini hanya berisi 34 kementerian sesuai kebutuhan.

Jumlahnya memang sekarang ini kan 34 (kementerian) itu cukup ideal dalam rangka kita kajian waktu itu sudah cukup tapi bisa saja lebih daripada itu kalau bahasa kiainya itu, kalau ada keperluan mungkin bisa lebih daripada itu, pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, Prabowo akan membentuk kabinet berisi 40 menteri. Dia menilai wajar jumlah kementerian tersebut.

Buat saya bagus. Negara kita kan negara besar. Tantangan kita besar, target kita besar. Wajar, kalau kita perlu mengumpulkan banyak orang, berkumpul dalam pemerintahan sehingga jadi besar, ujar Habiburokhman.

Sebagai anggota DPR, dia mengaku banyak menerima masukan soal adanya kementerian-kementerian yang dipaksa untuk menyatu. Padahal, ada kementerian yang dalam tugas-tugasnya ditemukan tidak sinkron antara direktorat satu dengan lainnya. Dia mencontohkan apa yang terjadi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Konsekuensinya, dia bisa ada pengembangan jumlah kementerian dan lembaga, tandasnya.

Topik Menarik