7 Contoh Teks Nonfiksi Berbagai Tema, Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-cirinya

7 Contoh Teks Nonfiksi Berbagai Tema, Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-cirinya

Terkini | inews | Selasa, 7 Mei 2024 - 23:27
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks nonfiksi berikut perlu disimak. Sesuai dengan namanya, teks ini merupakan teks yang tidak didasarkan pada khayalan atau cerita rekaan.

Teks nonfiksi berarti sebuah teks yang ditulis berdasarkan hal-hal faktual. Ada berbagai jenis teks nonfiksi yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, pengertian, ciri-ciri, maupun contohnya perlu dipelajari. Dengan demikian, seseorang dapat memahami maupun menulis teks nonfiksi.

Pengertian Teks Nonfiksi

Melansir dari laman resmi Kemdikbud, Selasa (7/5/2024), teks nonfiksi adalah salah satu jenis teks yang ditulis berdasarkan kejadian nyata atau sebenarnya. Maka dari itu, teks ini seringkali dibuat melalui pengamatan, penelitian, atau sumber-sumber terpercaya.

Biasanya, terdapat data pendukung yang dapat dipertanggung jawabkan dalam teks ini. Penulis pun menggunakan bahasa yang lugas, denotatif, dan formal.

Tujuan dari teks nonfiksi adalah untuk menyampaikan gagasan, pengetahuan, maupun argumen terhadap suatu hal. Beberapa contoh dari teks tersebut antara lain esai, buku panduan, teks eksplanasi, surat, karya ilmiah, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Teks Nonfiksi

Contoh Teks Nonfiksi

1. Biografi Albert Einstein

Albert Einstein merupakan salah satu ilmuwan terkenal dan ahli matematika yang mengembangkan teori relativitas, E = MC2. Einstein lahir di Jerman pada 14 maret 1879. Orangtuanya, Hermann Einstein merupakan seorang penjual ranjang bulu, dan sang ibu Pauline merupakan pekerja elektrokimia.

Saat usianya menginjak lima tahun, sang ayah memberikan Einstein kecil kompas kantung. Kemudian dia mulai menyadari bahwa ada sesuatu di ruang kosong dalam alam semesta yang bereaksi terhadap jarum di kompas.

Hal inilah yang menginspirasi dalam hidupnya. Einstein kecil dikenal sebagai autis. Dia suka menyendiri dan orangnya pendiam.

Akan tetapi secara akademik dirinya tidak memiliki kekurangan. Ketika remaja beliau berhasil lulus dari Eidgenssische Technische Hochschule.

Pada 1900, Einstein memperoleh status sebagai warga negara Swiss. Hasil karyanya sangat banyak dalam bidang fisika.

Kemudian pada 1921 Einstein mendapatkan penghargaan nobel fisika karena teorinya mengenai efek fotolistrik dan pengabdiannya bagi fisika teoritis. Einstein tercatat meninggal dunia pada 18 April 1955.

Einstein telah mewariskan beragam karya yang mengubah dunia. Akan tetapi, terdapat salah satu penyesalan terbesarnya mengenai teori relativitas. Teorinya ternyata dimanfaatkan untuk inspirasi pembuatan bom atom yang menghancurkan Jepang di kala itu.

2. Tempat Wisata The Great Asia Africa

Tempat wisata The Great Asia Africa ini berada di Lembang, tepatnya di Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Diresmikan pada Desember 2019, The Great Asia Africa menjadi theme park terbesar yang ada di Bandung.

Meski terbilang masih baru, namun tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur. Di The Great Asia Africa, pengunjung sesakan diajak berkeliling ke sejumlah negara di Asia maupun Afrika. Tempat ini menyajikan arsitektur dan budaya dari negara-negara di Asia dan Afrika.

3. Handphone dari Awal Kemunculan sampai Sekarang

Handphone (HP) pertama kali didemonstrasikan oleh John F. Mitchell dan Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, dalam bentuk sebuah handset yang beratnya sekitar 1 kg. Pada tahun 1983, diluncurkan DynaTAC 8000xhandphone yang pertama kali tersedia di pasaran.

Sejak itu, HP menjadi barang yang diperjual belikan di seluruh dunia dan terus mengalami perkembangan dalam ukuran, bentuk, dan kemampuannya. Selain Motorola, berbagai merek lainnya bermunculan.

Dari tahun 1990 sampai dengan 2011, pengguna HP di dunia berkembang dari 12,4 juta orang hingga menjadi lebih daripada 6 miliar orang. Artinya, sekitar 87 dari populasi dunia dewasa ini merupakan pemakai HP (populasi dunia saat ini telah melampaui 7 miliar orang).

Di pertengahan tahun 2013, sekitar 75 lebih pasar smartphone didominasi oleh smartphone berbasis Android. Sistem operasi Android pertama kali dikembangkan oleh Google Inc. pada tahun 2008.

4. Penemuan Mobil

Penemuan mobil dimulai dengan usaha seorang pria asal Austria, yaitu S. Marcus (1875) untuk dapat menghasilkan mesin pada gas pertama. Faktanya, sistem dari mesin gas juga merupakan sebuah hasil dari serangkaian ide yang akan dikembangkan sebelum Marcus.

Namun tetap saja, Marcus yang akan mengumpulkan penemuan tersebut dan menghubungkan berbagai rangkaian mesin gas ke kendaraan untuk yang pertama kalinya sehingga dia dapat berjalan tanpa dengan bantuan tarikan dari kuda.

Sejak saat itu mobil menjadi sebuah penemuan. Tiga puluh tahun kemudian, setelah adanya serangkaian kontribusi yang banyak serta pengembang lain yang membantu dalam memperbaiki mobil, sebuah mobil mampu mencapai bentuk yang dapat untuk digunakan sebagai sarana transportasi yang cukup nyaman bagi banyak orang.

Bentuk dari mobil seperti itu yang akan mendapatkan hak paten dari Negara Amerika Serikat di tahun 1911, dapat juga digambarkan sebagai awal dari sebuah kendaraan yang saat ini akan menjadi sebuah alat paling penting di dalam kehidupan manusia.

5. Terjadinya Gempa Bumi

Gempa bumi biasanya disebabkan ketika batu-batu di bawah tanah tiba-tiba pecah di sepanjang patahan. Energi yang tiba-tiba keluar tersebut menyebabkan gelombang seismik.

Itu membuat tanah terguncang. Ketika dua lempeng batu bergesekan satu sama lain,mereka akan menempel dan berhenti. Lempengan-lempengan batu tersebut tidak bisa meluncur lancar.

Sementara itu, lempengan batu tersebut masih mendorong satu sama lain. Setelah beberapa waktu, lempengan batu tersebut patah karena semua tekanan yang terjadi. Ketika lempengan batu tersebut patah, gempa bumi pun terjadi.

6. Cara Layang-layang Terbang

Layang-layang adalah sebuah benda yang terbuat dari bahan ringan yang membentang diatas sebuah bingkai. Karena ringanya bahan, layang-layang akan terangkat dari tanah danterbang ketika dihadapkan dengan angin.

Layang-layang menggunakan angin untuk membuatnya terbang. Ketika angin bergerak diatas permukaan layang-layang, angin tersebut terbagi menjadi dua aliran udara.

Satu aliran udara bergerak di atas layang-layang sementara aliran kedua bergerak di bawah layang-layang. Aliran angin yang bergerak ke atas membuat sebuah area di layang-layang dengan tekanan rendah.

Aliran udara yang bergerak ke bawah membentur layang-layang di sudut permukaan dan menciptakan daerah dengan tekanan tinggi. Daerah tekanan tinggi memiliki efek mendorong sementara daerah tekanan tekanan rendah memiliki efek menarik. Kombinasi efek dorongan dan tarikan tersebut dapat menciptakan kekuatan yang cukup untuk mengangkat layang-layang ke udara.

7. Cara Kerja Ponsel

Ponsel yang bahasa Inggrisnya cellphone adalah kepanjangan dari frase cellular telephone dengan cara memancarkan sinyal radio ke menara cellular. tower tersebut terhubung ke stasiun pemancar pusat. Hubungan ini biasanya menggunakan kabel, kabel optik, atau gelombang mikro.

Kemudian stasiun pusat yang menangani panggilan wilayah tertentu diteruskan ke System Wire-Based Telephone. Kemudian diambil oleh menara dan diteruskan ke pengguna ponsel yang lain atau pengguna jaringan telepon kabel.

Itulah pengertian, ciri-ciri, dan contoh teks nonfiksi. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik