Dari Homesick, Diera Nathania Menjadi Konten Kreator Sukses

Dari Homesick, Diera Nathania Menjadi Konten Kreator Sukses

Terkini | inews | Selasa, 7 Mei 2024 - 15:56
share

JAKARTA, iNews.id - Diera Nathania, seorang konten kreator asal Tangerang Selatan, telah menjadi salah satu figur inspiratif dalam dunia konten digital. Diera, yang berusia 28 tahun, berhasil membangun komunitas yang kuat melalui kanal YouTube-nya dengan tema utama tentang kehidupan di Jepang dan pengalamannya di sana.

Pada awalnya, Diera merasa homesick saat belajar di Obihiro University, Hokkaido, Jepang. Tanpa teman dari Indonesia, dia merindukan komunikasi dalam bahasa ibunya. Untuk mengatasi rasa kangen ini, dia mulai membuat konten YouTube dengan bahasa Indonesia, yang pada akhirnya menjadi jembatan untuk membangun komunitas online.

"Dulu waktu aku di Jepang, aku merasa homesick karena tidak punya teman dari Indonesia. Jadi, aku mulai membuat kanal YouTube untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan membangun komunitas di sana," kata Diera.

Diera memulai perjalanan kreatifnya sebagai konten kreator pada 2017 dengan video pertamanya yang menceritakan pengalaman kuliah di Jepang. Meskipun hanya mendapat sekitar 200 penonton, hal itu cukup memuaskan baginya sebagai langkah awal. Kini, jumlah penontonnya telah meningkat drastis, dengan video-videonya mencapai puluhan hingga ratusan ribu views, bahkan ada yang mencapai jutaan views.

"Inspirasiku adalah Raditya Dika. Bagiku, Raditya Dika adalah contoh paling sempurna untuk 'berubah mengikuti zaman'. Dia mampu tetap eksis dengan komedinya hingga menjadi salah satu kreator paling cepat mencapai 1 juta subscriber," ujar Diera.

Namun, perjalanan sebagai konten kreator tidak selalu mulus. Salah satu tantangan terbesarnya adalah mengatur pemasukan yang tidak menentu setiap bulannya. Untuk mengatasi hal ini, Diera mempelajari ilmu finansial untuk mengatur keuangan dengan baik.

Dalam menjaga agar kontennya tetap diminati oleh penonton, Diera berpegang pada prinsip fleksibilitas terhadap perubahan zaman. Baginya, menangkap sinyal perubahan lebih cepat dari yang lain dan bersedia mengubah cara menyajikan konten adalah kunci untuk tetap eksis dalam dunia konten kreator.

Diera Nathania adalah contoh nyata bahwa ketekunan, kreativitas, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan adalah kunci kesuksesan dalam dunia konten digital. Melalui perjalanannya, dia telah menginspirasi banyak orang untuk mengejar passion mereka dan berani mengeksplorasi dunia kreativitas digital.

Penasaran dengan kontennya seputar jepang? Langsung aja kunjungi YouTube Channelnya di @dieranathania.

Topik Menarik