Ratusan Warga Kampung Sawah Indah Geruduk Balai Kota, Tuntut Berantas Mafia Tanah

Ratusan Warga Kampung Sawah Indah Geruduk Balai Kota, Tuntut Berantas Mafia Tanah

Berita Utama | inews | Selasa, 7 Mei 2024 - 13:40
share

JAKARTA, iNews.id - Ratusan warga Kampung Sawah Indah, Pulogebang, Jakarta Timur, menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/5/2024). Mereka menuntut dua hal utama yakni pembentukan Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) resmi.

Kedua yakni meminta pemberantasan mafia tanah di wilayah Jakarta Timur. Koordinator Aksi Herman mengungkapkan 1.500-1.800 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Sawah Indah sudah tinggal lebih dari 20 tahun di lokasi tersebut, namun hingga saat ini belum memiliki RT/RW resmi.

"Adanya keinginan warga untuk dimekarkan RT dan RW di wilayah Kampung Sawah Indah yang sudah diajukan sejak 10 tahun lalu namun belum ada tanggapan apapun," ujar Herman.

Warga juga mengaku resah dengan aksi mafia tanah yang mengintimidasi mereka. Aksi unjuk rasa mendapat respons dari Pemprov DKI Jakarta. 

Perwakilan warga diterima oleh Biro Kesbangpol di ruang rapat Lantai 15 Gedung H Balaikota DKI Jakarta.

Setelah mendengarkan keluhan warga, perwakilan Biro Pemerintahan Pemprov DKI Jakarta Rizky Anggoro, menyatakan akan mengundang perwakilan warga untuk audiensi pekan depan.

"Terkait kendala dalam pembentukan RT dan RW, minggu depan kita undang perwakilan bapak. Jadi kapasitas kami di Biro Pemerintahan mengkoordinasikan terkait pemekaran, kalau soal legalitas tanah ada instansi lainnya yang lebih berwenang," kata Rizky.

Topik Menarik