Ekonomi RI Naik 5,11 Persen, Jokowi: Tumbuhkan Optimisme saat Negara Besar Masuk Jurang Resesi

Ekonomi RI Naik 5,11 Persen, Jokowi: Tumbuhkan Optimisme saat Negara Besar Masuk Jurang Resesi

Ekonomi | inews | Selasa, 7 Mei 2024 - 12:28
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,11 persen. Menurutnya, itu menjadi hal yang patut disyukuri.

"Itu saya kira patut kita syukuri. Karena itu banyak didukung memang oleh konsumsi. Tetapi juga didukung yang kedua oleh investasi yang terus masuk ke negara kita," ujar dia saat meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Depok, Jawa Barat pada hari ini Selasa (7/5/2024).

Jokowi menjelaskan pertumbuhan ekonomi tersebut menumbuhkan optimisme bagi Indonesia. Sebab, saat banyak negara-negara besar yang masuk ke jurang resesi, ekonomi Indonesia justru tumbuh.

"Ya ini menumbuhkan sebuah optimisme bahwa negara-negara lain, negara-negara besar satu dua tiga masuk ke jurang resesi, negara lain juga turun growthnya. Tapi kita mampu terus naik 5,11 persen," tutur dia.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 mencapai 5,11 persen. (year on year/yoy). Pertumbuhan kuartal I ini tertinggi sejak 2019.

Pertumbuhan ekonomi tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 5,04 dan kuartal I-2023 tumbuh 5,04 (yoy).

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 5,11 persen secara tahunan pada triwulan I-2024," ujar Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia A. Widyasanti dalam rilis data BPS, Senin (6/5/2024).

Topik Menarik