Mengenal Olahraga Jalan Nordik, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan

Mengenal Olahraga Jalan Nordik, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan

Berita Utama | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 00:15
share

JAKARTA, iNews.id - Bagi sebagian orang mungkin terasa asing saat mendengar olahraga Nordic Walking atau Jalan Nordik. Olahraga apakah itu dan apa manfaatnya bagi kesehatan? 

Jalan Nordik adalah olahraga berjalan kaki yang menggunakan dua tongkat ski. Olahraga yang populer di Skandinavia dan bagian Eropa lain ini dapat memberi stimulasi efektif terhadap struktur tubuh agar lebih sehat. 

Jalan sehat nordik dengan dua tongkat dapat mengaktifkan 90 persen otot menjadi lebih kuat dan baik. "Dengan Jalan Nordik, lutut kita terpelihara, karena beban tubuh kita 1/3 disangga. Ini disebabkan tangan kita menjadi kaki. Jadi, kalori yang dibakar lebih besar daripada kita naik sepeda ataupun lari dengan jalan 20 menit," ujar Ketua Komunitas Jalan Nordik Indonesia (KJNI) Jakarta, David Chandrawan dalam keterangannya, Senin (6/5/2024). 

Dia menjelaskan aktivitas fisik yang mengharuskan menggerakkan otot seluruh tubuh seperti Jalan Nordik dapat membakar kalori lebih banyak dan efektif, dibandingkan berjalan biasa. Sebab, tidak hanya otot tungkai yang bergerak termasuk otot lengan. 

Kondisi tersebut semakin maksimal dengan penggunaan tongkat nordik. Sebab, dalam olahraga lain bisa saja seseorang menggerakkan otot tungkai sekaligus lengan, tapi tidak akan seoptimal ketika menggunakan alat.

“Harapannya ke depan, seluruh penduduk Indonesia menjadi lebih sehat dengan melakukan aktivitas Jalan Nordik minimal 30 menit per hari," kata David.

Diketahui, di Indonesia aktivitas olahraga ini memiliki komunitas cukup besar. Tidak hanya masyarakat biasa kalangan akademisi dan artis pun ikut aktif dalam olahraga jalan sehat tersebut.

Seperti event Jalan Sehat Nordik di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, pada 5 Mei 2024. Kegiatan yang dilaksanakan usai pelantikan David Chandrawan sebagai ketua KJNI Jakarta ini diikuti ratusan pecinta jalan sehat nordik dari berbagai kalangan. 

Mereka yang ikut, antara lain anggota kominutas KJNI, para akademisi dari alumni PPM School of Management, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB). Sejumlah artis Ibu Kota juga ikut dalam olahraga ini, seperti penyanyi rock legendaris Lady Avisha dan Jovita Pearl X Factor Indonesia.

Topik Menarik