Percaya Takhayul, Francesco Bagnaia Lakukan 3 Ritual Ini sebelum Balapan

Percaya Takhayul, Francesco Bagnaia Lakukan 3 Ritual Ini sebelum Balapan

Olahraga | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 15:45
share

PEMBALAP Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia mengaku percaya takhayul. Sehingga, dia sering melakukan beberapa ritual kecil sebelum balapan. 

Bagnaia saat ini menjadi pembalap Italia terpopular di MotoGP. Dia tercatat berstatus juara bertahan sejak 2022. Dia berhasil memenangkan dua musim secara beruntun.

Pada MotoGP 2024, Bagnaia sudah memenangkan dua seri balapan, di Qatar, dan di Spanyol. Dua kemenangan ini diraih dengan tidak mudah, bahkan balapan di Spanyol disebut salah satu yang terbaik untuk Bagnaia. Sebab, dirinya mampu mengalahkan legenda hidup MotoGP Marc Marquez (Gresini Ducati) di kandangnya. 

Kemenangan itupun membuat Bagnaia kini hanya berjarak 15 angka dari pemuncak klasemen sementara, Jorge Martin (Ducati Pramac) yang sudah mengumpulkan 92 poin.

Sederet kesuksesan itu ternyata sering diawali dengan ritual kecil yang dilakukan oleh Bagnaia. Pembalap berusia 27 tahun itu diketahui sering mengelus motor, mencium sarung tangan, dan menepuk tangki sebelum balapan berlangsung.

“Ini adalah sesuatu yang sudah lama saya lakukan. Saya menyukainya karena itu sedikit menenangkan saya. Ini adalah rutinitas saya,” kata Bagnaia dikutip dari Speedweek, Senin (6/5/2024).

Bagnaia mengatakan ritual sederhananya ini seringkali membuat kepercayaan dirinya semakin meningkat. Dia tak menyangkal percaya takhayul yang secara tidak langsung berhubungan dengan ritualnya ini.

“Anda selalu melakukan hal yang sama karena Anda tahu itu berhasil untuk Anda. Saya percaya takhayul, tapi hanya sedikit. Saya melakukan hal-hal seperti itu untuk mempersiapkan balapan,” Bagnaia menjelaskan.

Bagnaia akan kembali beraksi di MotoGP Prancis 2024. Balapan tersebut akan digelar di Circuit de la Sarthe atau Bugatti Circuit, Le Mans, Prancis pada 12 Mei 2024 mendatang.

Topik Menarik