Melihat Lebih Dekat Bendungan Sepaku Semoi, Sumber Air Pertama Warga IKN

Melihat Lebih Dekat Bendungan Sepaku Semoi, Sumber Air Pertama Warga IKN

Ekonomi | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 14:33
share

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Nantinya, bendungan itu bakal menjadi sumber air utama bagi masyarakat yang tinggal di Ibu Kota Nusantara (IKN), karena penggunaan air tanah akan dilarang di wilayah ibu kota baru.

Pantauan iNews.id di lokasi, Senin (6/5/2024), konstruksi Bendungan Sepaku Semoi sudah rampung, namun masih ada beberapa pekerjaan seperti pembangunan kantor pengelola, hingga beautifikasi. 

Sebab, selain menjadi suplai air baku untuk penduduk Balikpapan dan warga yang akan tinggal di IKN, bendungan tersebut juga nantinya juga akan menjadi tempat wisata. Bahkan, saat ini juga sudah berdiri bangunan masjid, hingga ruangan seperti aula. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter/detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter/detik. 

Bendungan Sepaku Semoi. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)
Bendungan Sepaku Semoi. (Foto: Iqbal Dwi Purnama)

"Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi  penyediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030. Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu," ujar Basuki dalam keterangannya dikutip, Senin (6/5/2024).

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Bob Arthur Lombogia juga menambahkan, selain berfungsi untuk penyediaan air baku, Bendungan Sepaku Semoi juga memiliki kemampuan reduksi banjir hingga 232 m3/detik atau sebesar 55 persen untuk Kawasan IKN dan Kecamatan Sepaku.

"Bukan hanya berfungsi untuk layanan air baku IKN, Bendungan Sepaku Semoi juga berfungsi untuk pengendalian banjir. Karena kadang-kadang terjadi banjir di daerah hilir," ucap Bob.

Topik Menarik