Satlantas Polres Depok Pastikan Layanan Pembuatan SIM Bebas Calo

Satlantas Polres Depok Pastikan Layanan Pembuatan SIM Bebas Calo

Terkini | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 02:00
share

DEPOK, iNews.id - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok memastikan, semua masyarakat mendapat layanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) sesuai prosedur. Hal ini upaya untuk memastikan masyarakat terbebas dari perantara atau calo.

Kasatlantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra menyebut telah melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan setiap proses pembuatan SIM sesuai prosedur. Mulai dari ujian tertulis hingga ujian praktik.

“Jika lulus ujian tertulis akan langsung ke ujian praktik. Setelah ujian tertulis dan praktik selesai, selanjutnya adalah proses foto. Kemudian setelah itu proses cetak SIM. Semua proses harus dilakukan sesuai aturan," kata Multazam dalam keterangannya, Minggu (5/5/2024).

Hal itu disampaikannya merespons isu masih adanya praktik percaloan di Satpas SIM Polres Metro Depok.

Multazam mengimbau kepada pemohon agar tidak menggunakan bantuan pada calo baik di Polres Metro Depok maupun biro jasa lainnya.

“Pemohon harus percaya pada kemampuan diri sendiri,” tegasnya.

Multazam menjelaskan dalam memastikan kepatuhan terhadap prosedur, Satlantas Polres Metro Depok telah meningkatkan pengawasan terhadap seluruh proses pembuatan SIM.

Petugas telah diberikan pelatihan untuk memastikan, bahwa setiap tahap dalam pembuatan SIM dilakukan dengan akurat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kami ingin memastikan bahwa setiap pemegang SIM telah melewati proses evaluasi yang ketat, sehingga dapat dipastikan bahwa mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk berkendara dengan aman di jalan raya," katanya.

Lebih lanjut, Multazam menekankan Satlantas Polres Metro Depok juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lalu lintas dengan mematuhi aturan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam pembuatan SIM.

"Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta lingkungan berkendara yang lebih aman dan tertib bagi semua pengguna jalan," pungkasnya.

Topik Menarik