Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, Akses Menuju Kecamatan Latimojong Putus

Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, Akses Menuju Kecamatan Latimojong Putus

Terkini | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 23:30
share

JAKARTA, iNews.id – Akses menuju Kecamatan Latimojong putus akibat banjir dan longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Warga juga terdampak dan terisolir.

"Keadaan di Kecamatan Latimojong pada Minggu (5/5) sore bertambah parah akibat hujan deras masih terus mengguyur wilayah ini. Keadaan ini menimbulkan titik longsoran baru, jalan menuju Latimojong ambles sepanjang 100 meter, beberapa jembatan penghubung desa putus," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (5/5/2024).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu melaporkan untuk sementara penyaluran logistik kepada warga terdampak di 12 desa di Kecamatan Latimojong dilakukan dengan bantuan helikopter milik TNI Angkatan Udara dan Polda Sulawesi Selatan.

Laporan termutakhir mencatat 12 orang meninggal dunia. Data ini diperbaharui setelah satu anak balita yang dilaporkan hilang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Rincian korban meninggal antara lain delapan orang warga Kecamatan Latimojong dan empat orang warga Desa Poringan, Kecamatan Suli Barat.

Sementara  Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto dijadwalkan bertolak ke Sulawesi Selatan dari Manado pada Senin (6/5/2024). Dia akan menggelar rapat koordinasi penanganan bencana banjir dan tanah longsor.

Kunjungan ini merupakan bentuk kehadiran negara untuk memastikan penanganan darurat dan pemenuhan dasar warga terdampak terpenuhi dengan baik.

Berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops BNPB beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Selatan terdampak banjir dan longsor antara lain Kabupaten Luwu, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Wajo, dan Kabupaten Sidenreng Rappang.
 

Topik Menarik