Wapres: Tata Kelola Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Dikaji Ulang

Wapres: Tata Kelola Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Dikaji Ulang

Terkini | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 19:03
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengungkapkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tengah menginisiasi pengkajian ulang tata kelola penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia (PMI).

Mengingat, pengelolaan PMI saat ini belum lepas dari persoalan-persoalan, misalnya aspek keterampilan dan pelatihan yang masih perlu ditingkatkan, penempatan yang tidak sesuai prosedur, ataupun pelindungan bagi PMI dan keluarganya secara menyeluruh.

“Harapannya, langkah ini akan semakin menguatkan peran pemerintah Indonesia dalam menjamin setiap warga negaranya untuk memperoleh hak atas pekerjaan, utamanya di luar negeri, sehingga dapat mempunyai penghidupan yang layak,” kata Wapres dalam sambutannya secara virtual pada Halalbihalal bersama PMI di Singapura dan 12 Negara Lainnya, Minggu (5/5/2024).

Wapres juga mengungkapkan penghargaan dan terima kasih kepada para PMI atas kerja keras dan sumbangsihnya.

“Para pekerja migran yang berkarya di negeri orang tentu menghadapi tantangan yang tidak mudah. Dipisahkan oleh jarak dari rumah dan keluarga dekat, ditambah dengan perbedaan budaya dan risiko dalam bekerja, menuntut tekad dan ketekunan yang luar biasa,” katanya.

Dia berpesan agar setiap warga negara yang berada di luar negeri tetap mematuhi peraturan dimanapun mereka berada. 

“Bijaklah menyesuaikan diri dan terus jaga citra baik Indonesia,” pintanya.

Topik Menarik