Wapres Ingatkan Semua Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Harus Dievakuasi

Wapres Ingatkan Semua Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang Harus Dievakuasi

Terkini | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 12:44
share

JAKARTA, iNews.id - Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara mengalami erupsi pada Selasa (30/3/2024). Akibat erupsi ini, status Gunung ruang dinaikkan menjadi level IV (awas) dari sebelumnya level III (waspada).

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 9.083 warga yang berada di Pulau Tagulandang dalam radius 7 kilometer (km) dari pusat erupsi Gunung Ruang telah dievakuasi.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti petunjuk yang diberikan tim penyelamat agar proses mitigasi bencana berjalan dengan baik.

“Saya minta kepada masyarakat untuk mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah,” kata Wapres dalam keterangannya, dikutip Minggu (5/5/2024).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, proses penyelamatan yang dilakukan oleh pemerintah akan mengutamakan keselamatan para warga agar tidak terjadi korban.

“Pemerintah akan melihat, ketika memang sudah harus dievakuasi bahkan harus direlokasi, berarti ada sesuatu yang harus diselamatkan. Jangan sampai ada korban,” ujar Wapres mengingatkan.

Hal ini, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang memerintahkan seluruh jajaran terkait untuk mengutamakan keselamatan warga dalam proses mitigasi bencana erupsi Gunung Ruang.

“Presiden sudah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk juga menyiapkan lahan untuk relokasi. Karena kalau relokasi itu yang terbaik, pemerintah pasti akan mengambil langkah itu. Kalau bahayanya tidak terlalu besar, mungkin tidak perlu direlokasi,” papar Wapres.
 

Wapres kembali mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh tim evakuasi lapangan. Sebab, seluruh upaya yang dilakukan seluruhnya bertujuan untuk keselamatan warga. “Karena itu sebaiknya masyarakat mengikuti petunjuk dengan sukarela,” katanya. 

Topik Menarik