Sadiq Khan Kembali Terpilih Jadi Wali Kota London untuk Ketiga Kali Berturut-turut

Sadiq Khan Kembali Terpilih Jadi Wali Kota London untuk Ketiga Kali Berturut-turut

Terkini | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 09:27
share

LONDON, iNews.id – Politikus Muslim Inggris, Sadiq Khan, kembali terpilih sebagai wali kota London untuk ketiga kalinya. Kemenangannya terungkap berdasarkan hasil akhir pemilihan yang ditunjukkan pada Sabtu (4/5/2024) waktu setempat.

Terpilihnya kembali Khan semakin memperkuat keunggulan Partai Buruh atas Partai Konservatif yang berkuasa dalam berbagai jajak pendapat menjelang pemilihan umum (pemilu) nasional Inggris akhir tahun ini.

Reuters melansir, kemenangan Khan akhir pekan ini adalah yang ketiga kalinya secara berturut-turut. Meski sebagian masyarakat London merasa tak senang dengan kebijakan Zona Emisi Ultra Rendah (ULEZ) Khan, kemenangannya sudah diprediksi banyak kalangan. Untuk diketahui, kebijakan ULEZ membebankan biaya harian atas penggunaan kendaraan sudah berusia tua dan lebih berpolusi.

Sementara kandidat wali kota dari Partai Konservatif, Susan Hall, dianggap oleh banyak orang terlalu memecah belah. Beberapa materi kampanyenya dinilai bermuatan Islamofobia dan menyerang Muslim.

Selain London, Partai Buruh juga memenangkan kursi beberapa dewan dan wali kota di sejumlah daerah lainnya dalam pemilihan lokal yang diadakan pada Kamis (2/5/2024) lalu. Hasil tersebut menimbulkan kerugian besar bagi Partai Konservatif pimpinan Perdana Menteri Rishi Sunak.

Jajak pendapat memperkirakan Partai Buruh akan memenangkan pemilu nasional berikutnya. Jika hal itu benar terwujud, kemenangan partai itu bakal mendorong pemimpinnya, Keir Starmer, naik ke tampuk kekuasaan sebagai perdana menteri baru. Kemenangan itu akan mengakhiri pemerintahan Partai Konservatif yang sudah berlangsung 14 tahun di Inggris.

Khan, yang kini berusia 53 tahun, menjadi wali kota Muslim pertama di ibu kota Inggris pada 2016. Dia telah berjanji untuk membangun lebih banyak perumahan sosial dan bekerja sama dengan pemerintahan nasional Partai Buruh di masa depan untuk meningkatkan kapasitas polisi di London.

Topik Menarik