Rusia Buru Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Rusia Buru Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

Terkini | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 21:07
share

MOSKOW, iNews.id - Rusia memasukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam daftar buruan. Nama Zelensky masuk dalam daftar orang yang dicari Kementerian Dalam Negeri Rusia, Sabtu (4/5/2024).

"Volodymyr Oleksandrovych Zelensky, (lahir pada) 25 Januari 1978. Dicari berdasarkan pasal UU KUHP," bunyi pernyataan kementerian, seperti dilaporkan Sputnik. 

Namun daftar tersebut tak menjelaskan secara rinci tuduhan kejahatan terhadap Zelensky.

Beberapa pejabat Ukraina sebelumnya juga telah masuk daftar orang yang dicari oleh Rusia. Direktut badan intelijen Rusia FSB Alexander Bortnikov sebelumnya menuduh keterlibatan dinas keamanan Ukraina SBU dalam serangan teror konser musik di Crocus City Hall yang menewaskan 140 orang lebih.

Bortnikov menilai SBU layak dimasukkan dalam daftar organisasi teroris. Oleh karena itu, para pejabatnya, termasuk direktur SBU Kyrylo Budanov, bisa menjadi target yang sah.

Rusia juga mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap sejumlah pejabat negara lain sejak perang dengan Ukraina pada Februari 2022.

Kepolisian Rusia pada Februari lalu memasukkan Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dalam daftar buruan. Selain itu ada menteri kebudayaan Lituania dan anggota parlemen Latvia juga masuk daftar orang yang dicari atas tuduhan menghancurkan monumen di negara bekas pecahan Uni Soviet itu.

Topik Menarik