Ini Alasan Bulog Tetap Impor Beras saat Panen Raya

Ini Alasan Bulog Tetap Impor Beras saat Panen Raya

Ekonomi | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:46
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurti mengakui bahwa impor beras tetap berjalan meski Indonesia tengah mengalami panen raya. Menurutnya, hal tersebut dilakukan guna menjaga stok beras dalam negeri.

Bayu menuturkan, beras impor nantinya akan difokuskan ke beberapa daerah yang bukan merupakan sentra produksi.

Selain itu juga beras impor akan digunakan jika hasil panen di semester kedua tidak berjalan dengan baik, sehingga stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tetap aman.

"Ya saat ini kita terus jalan (impor beras), dan yang paling utama dari kegiatan impor itu sebenarnya bukan hanya sekadar masuknya, tapi komunikasi dengan mereka,” ujar Bayu dikutip, Sabtu (4/5/2024).

"Kita kelola masuknya beras impor, kita memperhatikan daerah yang non-sentra produksi dan dimasukkan ke pelabuhan yang jauh dari sentra produksi, itu kita fokuskan," tuturnya.

Meski demikian, Bayu menyebut bahwa keran impor bisa dihentikan. Dia menyebut, penghentian akan dilakukan jika beberapa daerah yang merupakan sentra produksi mengalami pergeseran harga.

"Sedangkan untuk beberapa daerah yang memang betul betul sentra produksi dan kita liat apakah gejalanya harga terpengaruh akibat impor, maka kita bisa hentikan sewaktu-waktu," katanya.

Topik Menarik