Desa di Bantul Punya Pemandangan Cantik Danau Buatan, Makin Sore Suasananya Bikin Takjub!

Desa di Bantul Punya Pemandangan Cantik Danau Buatan, Makin Sore Suasananya Bikin Takjub!

Travel | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 09:30
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tempat wisata eksotis di Yogyakarta yang harus dikunjungi wisatawan. Selain ada pemandangan alam pegunungan dan candi bersejarah, wisatawan juga bisa singgah ke salah satu danau buatan yang tersembunyi di suatu desa.

Ya, danau buatan cantik itu ada di Desa Salakan, Potorono Banguntapan, Bantul. Namanya Embung Potorono. Embung Potorono merupakan kolam bendungan sungai yang membentuk telaga yang lonjong. Jika hari mulai senja, pemandangan sekitar Embung Potorono akan terlihat eksotis.

"Menjadi 'barang' publik desa, Embung Potorono bisa didayagunakan untuk ruang publik gembira masyarakat sekaligus sarana pendapatan desa. Dibalut dalam Wanadesa dan Telaga Desa, Embung Potorono menggambarkan strategi cerdas multiguna," tulis Instagram @infojogja.

Area Embung Potorono dikelilingi jalanan aspal sebelar satu meter. Tempat rekreasi ini selain digunkan untuk tempat selfie, juga kerap dipakai untuk jogging, bersantai, rekreasi, atau bersepeda.

Memiliki luas sekitar 4.800 meter persegi, Embung Potorono dibangun di atas lahan Wanadesa seluas 30 ribu meter persegi. Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sini adalah memancing. Salah satu sudut embung terdapat bendungan yang kerap dipadati pemancing. Ada banyak ikan di sini untuk dipancing. Anda juga bisa memberikan makan ikan.

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda bisa mengambil rute dari pusat Kota Yogyakarta. Dari Kota Gede, lurus ke timur, menyeberangi ring road timur dan masih lurus ke timur kurang lebih 2 km. Lokasi Embung Potoroni terletak di desa Salakan, Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Embung ini dapat dinikmati secara gratis, alias tidak ada tiket masuk. 

Topik Menarik