Jokowi Gelar Rapat Bahas Erupsi Gunung Ruang, Minta Selesaikan Urusan Pengungsi

Jokowi Gelar Rapat Bahas Erupsi Gunung Ruang, Minta Selesaikan Urusan Pengungsi

Terkini | inews | Jum'at, 3 Mei 2024 - 14:46
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas di Istana terkait erupsi Gunung Ruang, Jumat (3/5/2024). Jokowi menekankan penanganan pengungsi yang maksimal.

Jokowi mengatakan, erupsi Gunung Ruang yang terjadi sejak 16 April 2024 telah berdampak kepada 9.000 pengungsi.

"Dari sejak 16 April hingga 30 April 2024 telah terjadi erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang berdampak pada kurang lebih 9.000 pengungsi dan kurang lebih 12.000 penduduk yang perlu kita evakuasikan. Juga adanya penutupan bandara," kata Jokowi dalam arahannya.

Presiden meminta kepada para menteri dan lembaga terkait untuk menyelesaikan masalah pengungsian. Menurutnya, perlu ada relokasi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Ruang.

"Oleh sebab itu pada siang hari ini, yang pertama kita akan menyelesaikan urusan pengungsi. Karena tata ruang yang ada, mereka tidak boleh kembali ke tempat asal, sehingga diperlukan relokasi untuk pemukiman yang harus dipercepat," kata Jokowi.

Terkait urusan pertanahan, rumah hingga yang berkaitan dengan pekerjaan, Jokowi menyebut telah dilakukan pendataan penduduk.

"Kemudian pastikan bahwa lokasi yang dituju sudah clean and clear. Ini nanti Pak Menteri ATR, lapangannya dilihat betul. Kemudian juga pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur serta juga skema bantuan selama relokasi," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta identifikasi bangunan yang rusak dan infrastruktur yang terdampak erupsi Gunung Ruang. Termasuk menghitung berapa anggaran yang dibutuhkan.

"Yang paling penting identifikasi beberapa bangunan yang rusak dan infrastruktur yang terdampak, baik itu sekolah, rumah sakit ataupun jembatan, dan kalkulasi anggaran yang dibutuhkan," kata Jokowi.

Topik Menarik