Heboh Mahasiswa Penerima Bantuan KIP Kuliah Bergaya Hedon, Ini Respons Kemendikbud

Heboh Mahasiswa Penerima Bantuan KIP Kuliah Bergaya Hedon, Ini Respons Kemendikbud

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 22:08
share

JAKARTA, iNews.id - Kasus sejumlah mahasiswa penerima KIP Kuliah yang memamerkan gaya hidup mewah viral di media sosial. Hal ini menimbulkan kecaman dari berbagai pihak, karena dianggap tidak sesuai dengan tujuan program KIP Kuliah yang dikhususkan untuk membantu mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Menanggapi hal ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) angkat bicara. Plt Kepala Puslapdik Kemendikbudristek Abdul Kahar, mengimbau agar mahasiswa penerima KIP Kuliah menggunakan bantuan biaya hidup dengan bijak.

Seperti dikutip dari akun X Puslapdik, Kamis (2/5/2024), Kahar menjelaskan evaluasi terhadap penerima KIP Kuliah dilakukan secara berkala. Setiap semester, Perguruan Tinggi dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) diwajibkan untuk mengevaluasi kemampuan ekonomi keluarga, kemampuan akademik, dan kondisi mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Bagi mahasiswa yang merasa bahwa kondisi ekonomi keluarganya sudah membaik dan tidak lagi sesuai dengan kriteria penerima KIP Kuliah, diimbau untuk mengajukan pengunduran diri sebagai penerima KIP Kuliah.

Puslapdik juga membuka kanal pengaduan resmi bagi pihak-pihak yang menemukan indikasi penyalahgunaan dana KIP Kuliah. Pengaduan dapat dilakukan melalui lapor.go.id atau melalui fitur helpdesk di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Sebelumnya, viral salah satu nama yang dibongkar netizen adalah mahasiswi berinisial AM dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip, tercatat menerima KIP Kuliah sejak tahun 2022.

Dia diduga memiliki beberapa tas branded hingga aset berupa mobil. Usai viral, AM mengaku kini sudah mengundurkan diri dari KIP Kuliah.

Topik Menarik