Pasukan Ukraina Makin Terdesak, Rusia Rebut Satu Desa Lagi

Pasukan Ukraina Makin Terdesak, Rusia Rebut Satu Desa Lagi

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 20:05
share

MOSKOW, iNews.id Rusia mengklaim telah merebut satu desa lagi di Ukraina Timur. Ini adalah kemajuan terbaru yang diraih pasukan Moskow dalam beberapa hari terakhir.

Dilansir dari Reuters, militer Rusia terus melaju melawan pasukan Ukraina yang makin terdesak di timur negara itu. Sementara Kiev masih menunggu-nunggu kedatangan sebagian besar senjata pemberian AS ke garis depan pasukannya untuk menahan kekalahan lebih jauh.

Tentara Rusia telah membebaskan sepenuhnya pemukiman (Desa) Berdychi, bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis (2/5/2024).

Sementara Ukraina membenarkan bahwa pihaknya telah mundur dari desa yang terletak di barat laut Kota Avdiivka tersebut. Menurut Kiev, desa itu dikuasai pasukan Moskow pada akhir pekan lalu.

Desa Berdychi terletak sekitar 12 km dari Avdiivka. Ini adalah desa terbaru dari serangkaian desa di wilayah timur Ukraina yang diklaim Rusia dalam beberapa pekan terakhir.

Moskow telah memperoleh beberapa kemajuan di wilayah tersebut sejak merebut Avdiivka pada Februari lalu. Kota itu berhasil diambil alih pasukan Rusia setelah melalui sejumlah pertempuran sengit.

Pada Februari, Ukraina menyatakan pihaknya membentuk garis pertahanan di Berdychi setelah jatuhnya desa di dekatnya, Lastochkyne. Namun pada akhir pekan lalu, Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, Oleksandr Syrsky mengatakan, pasukan Kiev telah mundur dari Berdychi dan dua desa terdekat lainnya demi melindungi nyawa para prajuritnya yang kekurangan senjata.

Dia menyebut wilayah tersebut sebagai bagian yang paling rumit dari garis depan pertempuran saat ini. Syrsky juga mengakui bahwa Rusia telah meraih sejumlah keberhasilan taktis di wilayah tersebut.

Topik Menarik