Gedung UPT Perbenihan dan Pertanian NTT Terbakar Hebat, Dokumen dan Alsintan Hangus

Gedung UPT Perbenihan dan Pertanian NTT Terbakar Hebat, Dokumen dan Alsintan Hangus

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 19:20
share

KUPANG, iNews.id - Gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar hebat, Kamis (2/5/2024). Gedung tersebut terletak di Jalan Alfons Nisnoni, Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Sumber api diduga dari rumah Dinas Pertanian kemudian merambat ke bangunan kantor. Api menghanguskan seluruh dokumen dan alat serta mesin pertanian (alsintan).

Insiden itu, sejumlah bahan kimia ikut terbakar. Sepeda motor dan mobil turut terbakar sehingga menimbulkan beberapa kali ledakan saat api berkobar.

Dalam kejadian tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa. Sementara kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Tercatat kerugian material sementara yang ikut terbakar, yakni mobil dobel kabin Strada, sepeda moto Honda Supra, dua hand tractor dan dua unit cooltifator atau mesin garap.

Yeri Riwu (43 tahun), saksi mata yang juga warga RT 22/RW 06.Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang melihat titik api dari rumah Dinas Pertanian Provinsi NTT.

Kemudian dia menyampaikan kepada Herman Djapa Heo (54 tahun), warga RT 22/RW 06, Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang bahwa telah terjadi kebakaran di kantor UPT tersebut.

Api cepat sekali merambat pada atap bangunan. Apalagi saat itu angin kencang melanda Kota Kupang dan bangunan yang terbakar merupakan bangunan tua sehingga dalam sekejap api sudah melahap seluruh bangunan.

Pegawai di kantor tersebut tidak berhasil menyelamatkan dokumen penting dan sejumlah peralatan. Warga menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang untuk memadamkan api. Sejumlah mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki dikerahkan untuk memadamkan api.

Petugas dari Polsek Kota Raja dan Polresta Kupang Kota juga ke lokasi membantu memadamkan api. Petugas juga memasang garis polisi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Kebakaran menghanguskan gedung kantor. Sejumlah peralatan seperti mesin dan kendaraan ikut terbakar dan tidak bisa diselamatkan," kata Kapolsek Kota Raja, AKP Ricky Dally saat dikonfirmasi Kamis, (2/5/2024).

Topik Menarik