Segini Jumlah Rudal, Drone, dan Bom yang Dipakai Rusia untuk Serang Ukraina Bulan Lalu

Segini Jumlah Rudal, Drone, dan Bom yang Dipakai Rusia untuk Serang Ukraina Bulan Lalu

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 18:20
share

KIEV, iNews.id – Rusia dikatakan menggunakan ratusan rudal dan drone serta ribuan bom berpemandu untuk menyerang Ukraina sepanjang bulan lalu. Hal itu diungkapkan oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, pada Kamis (2/5/2024).

Menurut dia, militer Moskow telah mengerahkan lebih dari 300 rudal, sekitar 300 drone tipe Shahed buatan Iran, dan lebih dari 3.200 bom berpemandu untuk menggempur Ukraina pada April lalu. Akan tetapi, dia tidak mengungkapkan secara perinci jumlah serangan Rusia yang mengenai sasaran dan yang dapat dicegat Kiev dari berbagai jenis senjata yang digunakan itu.

“Hanya kekuatan yang dapat menghentikan teror ini – kekuatan rakyat kita, kekuatan persatuan dunia, kekuatan tekanan terhadap Rusia, kekuatan sistem pertahanan udara yang diberikan kepada Ukraina, kekuatan tentara kita yang berada di garis depan,” tulis Zelensky di aplikasi perpesanan Telegram, hari ini.

Sejak Maret lalu, Rusia telah mengintensifkan serangannya terhadap infrastruktur sipil dan energi Ukraina. Sementara Kiev terus memohon-mohon kepada negara-negara Barat agar memberikan bantuan tambahan di saat pertahanan udaranya semakin lemah.

Rusia mengklaim, pihaknya hanya menyerang sasaran militer yang sah dalam berbagai serangan yang dilancarkan ke negara tetangganya itu.

Topik Menarik