Kemendagri Serahkan Data Penduduk ke KPU, 207 Juta Orang Akan Memilih di Pilkada

Kemendagri Serahkan Data Penduduk ke KPU, 207 Juta Orang Akan Memilih di Pilkada

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 17:39
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan 207 juta data penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Nantinya, DP4 tersebut akan menjadi acuan KPU dalam menyusun daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Penyerahan DP4 itu dilakukan langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian kepada Ketua KPU, Hasyim Asy'ari di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2024). 

Tito menjelaskan, kriteria yang masuk dalam DP4 itu merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang sudah memasuki usia 17 tahun pada 27 November nanti. Kemudian, bukan dari anggota TNI-Polri. 

"Dari data yang ada, totalnya 207.110.768 jiwa, untuk yang laki-laki 103.228.748 sedangkan wanitanya sedikit lebih banyak 103.882.020," kata Tito saat ditemui seusai penyerahan DP4 ke KPU. 

Tito menjelaskan, jumlah tersebut belum pasti. Menurutnya, jumlah yang ia setorkan ke KPU masih dinamis karena bisa saja ada perubahan. 

"Data nanti kan dinamis, artinya dipengaruhi oleh data pindah alamat, data kematian, yang masuk menjadi anggota TNI-Polri otomatis gapunya hak pilih," ujarnya.

Tito melanjutkan, selanjutnya KPU akan melakukan validasi sinkronisasi berdasarkan basis data yang ada untuk meng-update daftar pemilih tetap (DPT). 

"Sehingga pada waktu hari H kita harapkan semua yang memiliki hak pilih itu betul-betul mereka terdata. Tadi saya mengharapkan, dukungan dari KPU selain kerja sama, koordinasi yang terus dijalin sambil untuk mengupdate data ini," ucapnya.

Topik Menarik