Korban Tewas Jalan Tol Ambles di China Jadi 48 Orang, Mobil-Mobil Tertimbun Longsor

Korban Tewas Jalan Tol Ambles di China Jadi 48 Orang, Mobil-Mobil Tertimbun Longsor

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 16:35
share

BEIJING, iNews.id - Jumlah korban tewas jalan tol ambles di Kota Meizhou, Guangdong, China, bertambah menjadi 48 orang. Korban terbaru ditemukan dalam pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan, Kamis (2/5/2024).

Para korban tersebut berada di 23 mobil yang ikut terjun ke jurang bersama jalan yang ambles pada Rabu (1/5/2024) sekitar pukul 02.30 waktu setempat.

Seorang pejabat Pemerintah Kota Meizhou mengatakan, ada tiga korban lagi yang belum teridentifikasi dan masih menunggu tes DNA. Belum jelas apakah mereka meninggal, sehingga jumlah korban tewas menjadi 51 orang. 

Sementara 30 orang lainnya mengalami luka bervariasi dari ringan hingga serius, termasuk patah tulang.

Wali Kota Meizhou Wang Hui mengatakan, pencarian masih berlangsung hingga Kamis sore. Dia memastikan tidak ada orang asing dalam daftar korban tewas maupun luka berdasarkan pencarian sejauh ini.

Pencarian terhambat oleh hujan dan tanah yang masih labil, terkadang memicu tanah longsor di pinggir tol. Selain itu mobil yang masuk jurang dalam kondisi tertimbun tanah, sebagian lainnya terbakar. Petugas kesulitan memadamkannya karena posisi mobil sulit dijangkau kendaraan penyelamat.

“Karena beberapa kendaraan yang terlibat (ambles) terbakar, tingkat kesulitan dalam operasi penyelamatan semakin meningkat,” kata Wen Yongdeng, sekretaris Partai Komunis Meizhou, seperti dilaporkan Associated Press.

Meizhou merupakan salah satu daerah di Guangdong yang dilanda hujan lebat dan hujan es sejak akhir April. Cuaca ekstrem memicu banjir, jembatan hancur, dan tanah longsor.

Insiden itu terjadi saat warga China memulai liburan panjang selama 5 hari pada Rabu kemarin. Banyak mobil yang terjun ke jurang dalam perjalanan ke provinsi tetangga Fujian untuk menghabiskan waktu libur.

Topik Menarik