Kapal Induk Pertama Buatan China Fujian Jalani Uji Perdana Arungi Lautan

Kapal Induk Pertama Buatan China Fujian Jalani Uji Perdana Arungi Lautan

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 11:20
share

BEIJING, iNews.id - China melakukan uji coba kapal induk pertama buatan dalam negeri, Fujian, Rabu (1/5/2024). Uji coba pelayaran perdana itu dilakukan hampir 2 tahun setelah peluncurannya yakni pada Juni 2022.

Kapal diberangkatkan dari galangan Jiangnan, Shanghai, sekitar pukul 08.00 waktu setempat. Uji coba ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Fujian dalam stabilitas sistem propulsi serta kelistrikan.

Fujian merupakan kapal induk terbesar yang dimiliki Tentara Pembebasan Rakyat (PLA). Sebelumnya China sudah memiliki dua kapal induk yakni Liaoning dan Shandong. Liaoning dirakit kembali di dalam negeri setelah dibeli dari Ukraina pada 1998, sementara Shandong memulai tugasnya pada akhir 2019. 

Dua pendahulunya itu berbeda dengan Fujian, kapal induk yang dirancang dan dibangun di dalam negeri. Namanya diambil dari salah satu provinsi di China. Provinsi Fujian terletak tepat di seberang Selat Taiwan sehingga akan memperkuat Komando Mandala Timur PLA.

Fasilitasnya berupa dek landasan pacu yang panjang dengan sistem peluncuran ketapel, seperti layaknya kapal induk Amerika Serikat. 

Pengujian Fujian berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan, terkait sengketa perairan dengan negara-negara Asia Tenggara dan Taiwan.

China mengklaim sebagian besar perairan Laut China Selatan melalui sembila garis putus-putus. Wilayah yang diklaim China itu beririsan dengan zona ekonomi eksklusif (ZEE) negara-negara ASEAN seperti Filipina dan Vietnam.

Topik Menarik