Jalan Tol Ambles di China, Korban Tewas Jadi 36 Orang

Jalan Tol Ambles di China, Korban Tewas Jadi 36 Orang

Terkini | inews | Kamis, 2 Mei 2024 - 10:51
share

BEIJING, iNews.id - Korban tewas jalan tol ambles di Provinsi Guangdong, China, Rabu (1/5/2024), bertambah menjadi 36 orang. Para korban adalah pengendara dan penumpang yang kendaraannya terjun ke jurang.

Kantor berita Xinhua melaporkan, sejauh ini 30 orang luka dalam insiden tersebut. Banyak korban yang diselamatkan menderita luka parah, seperti patah tulang. 

Jalan Tol Meizhou-Dabu ambles diduga akibat hujan lebat yang memicu pergeseran tanah. Insiden itu terjadi pada Rabu kemarin pukul 02.10 waktu setempat. 

Bagian jalan yang ambles sepanjang sekitar 18 meter. Akibatnya 23 kendaraan ikut terbawa longsoran ke jurang.

Seorang saksi mengatakan kepada Xinhua, dia mendengar suara ledakan keras kemudian kesulitan mengendalikan mobilnya. Sejenak kemudian dia menyadari bagian jalan tepat di belakang mobilnya ambles. Setelah itu mobil-mobil di depannya juga lenyap dalam kegelapan.

Lebih dari 500 petugas dari kepolisian, layanan darurat, dan departemen lain dikerahkan untuk mengevakuasi korban.

Meizhou merupakan salah satu daerah di Guangdong yang dilanda hujan lebat dan hujan es sejak akhir April. Cuaca ekstrem memicu banjir, jembatan hancur, dan tanah longsor.

Insiden itu terjadi saat warga China memulai liburan panjang selama 5 hari pada Rabu kemarin. Banyak mobil yang terjun ke jurang dalam perjalanan ke provinsi tetangga Fujian untuk menghabiskan waktu libur.

Topik Menarik