Kapolda Metro Jaya Tinjau Titik Peringatan May Day di Stadion Madya Senayan 

Kapolda Metro Jaya Tinjau Titik Peringatan May Day di Stadion Madya Senayan 

Berita Utama | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 13:20
share

JAKARTA, iNews.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto meninjau lokasi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Stadion Madya Senayan Jakarta, Rabu (1/5/2024). Lokasi tersebut merupakan rangkaian terakhir dari aksi May Day.

Kapolda tiba sekitar pukul 12.15 WIB. Dia langsung bergegas memasuki stadion untuk melihat kesiapan pelaksanaan May Day.

Bedasarkan rangkaian acara, elemen buruh melakukan aksi unjuk rasa dimulai dari kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat. Setelah itu barulah mereka bergeser ke Stadion Madya Senayan.

Acara di stadion Madya dimulai sekitar pukul 12.30 WIB. Nantinya panggung acara yang disediakan panitia di dalam stadion akan digunakan Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal untuk menyampaikan pidato kebangsaan.

Sebelumnya, Said menyampaikan, May Day 2024 akan diselenggarakan di ratusan kota industri di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 200.000 orang lebih akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain sebagainya," kata Said Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/4/2024).

Untuk di Jakarta, aksi akan dipusatkan di Istana Negara jam 09.30 - 12.30 WIB. Said Iqbal mengklaim sebanyak 50.000 peserta aksi May Day di Istana akan bergerak ke Stadion Madya Senayan, merayakan May Day Fiesta.

Said Iqbal menjelaskan, ada dua tuntutan utama yang diserukan oleh peserta May Day 2024 di seluruh Indonesia, yaitu cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja dan hapus outsourcing serta tolak upah murah.

Topik Menarik