Bentuk Karakter Anak sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu Pendidikan yang Tepat di Usia 3 - 11 Tahun

Bentuk Karakter Anak sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu Pendidikan yang Tepat di Usia 3 - 11 Tahun

Gaya Hidup | inews | Selasa, 30 April 2024 - 21:05
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak pertimbangan untuk memberikan pendidikan yang tepat untuk si kecil. Apalagi untuk menentukan sekolah yang akan dijadikan tempat belajar anak, tentu ini menjadi keputusan penting yang mempengaruhi masa depannya.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk membuat pilihan terbaik. Salah satunya orang tua harus melihat kebutuhan dan minat anak. Setiap anak unik, dengan minat dan kebutuhan yang berbeda. Pertimbangkan bakat, minat, dan gaya belajar anak untuk menentukan jenis pendidikan yang sesuai.

Kemudian kurikulum. Tinjau kurikulum dan filosofi pendidikan sekolah atau institusi. Ada berbagai pendekatan, pilih yang sesuai dengan nilai dan harapan keluarga. Salah satunya pendekatan pendidikan yang dihadirkan oleh Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ).

Christine Haslett selaku Head of School Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) mengatakan, Wellington College Independent School Jakarta adalah bagian dari keluarga besar Wellington College yang berasal dari Inggris, telah berdiri sejak 1859.

"Sekolah ini tidak hanya hadir dengan tradisi dan pengalaman yang panjang dalam bidang pendidikan, tetapi juga membawa nilai-nilai penting yang menjadi landasannya. Nilai-nilai tersebut adalah kebaikan, tanggung jawab, rasa hormat, keberanian, dan integritas," kata Christine melalui keterangannya belum lama ini.

Dia menjelaskan, komitmen WCIJ dalam membangun hubungan yang baik dengan orang tua merupakan bagian penting dari pendekatan pendidikan yang ditawarkan. Dengan melibatkan orang tua secara aktif dalam perkembangan pendidikan anak, WCIJ menciptakan lingkungan yang mendukung bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

"Sebagai sekolah yang bertujuan membangun pendidikan dari dasar, fokus utama kami saat ini adalah pada anak-anak usia 3-11 tahun, yang merupakan tahap penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai dasar pendidikan," ujarnya.

Perlu diketahui, Wellington College diresmikan oleh Ratu Victoria pada 1859 di Inggris. Sekolah yang berusia 165 tahun ini adalah monumen nasional bagi Duke of Wellington pertama, dan secara konsisten masuk dalam 10 besar sekolah global untuk Diploma IB.

Para siswa Wellington College dari Inggris dan sekolah internasional secara rutin diterima di universitas-universitas terkemuka dunia termasuk Oxbridge dan Ivy League.

Sekolah internasional ini terletak di dekat TB Simatupang di Jakarta Selatan. Dirancang sebagai lingkungan belajar yang berkembang dan aman untuk generasi muda. "Kami memiliki ruang kelas yang cerah dan lapang, masing-masing dilengkapi dengan akses ke area taman dalam ruangan dan area bermain luas, yang mendorong koneksi dengan alam dan memberikan ruang yang cukup untuk eksplorasi," ujar Christine.

Dia menambahkan, sekolah ini memiliki lingkungan belajar dalam suasana perkotaan yang dinamis, di mana anak-anak akan mempelajari keterampilan dunia nyata dalam lingkungan belajar yang menyenangkan dan autentik, baik di dalam maupun di luar kelas.

Lantas, hal penting apa saja yang harus diketahui untuk pendidikan anak usia 3-11 tahun ala WCIJ? Berikut ulasannya.

Pendidikan yang Inovatif

Menawarkan kurikulum progresif yang mempersiapkan siswa menjadi warga global dan mampu membentuk dunia yang lebih baik.

Multibahasa dan Multikultural

WCIJ merangkul keragaman dan menyediakan lingkungan di mana anak-anak dapat belajar dan berkembang di dunia yang terglobalisasi.

Guru Berkualitas Tinggi

Memiliki tim pendidik yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi, berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang luar biasa.

Pengembangan Holistik

Sekolah ini fokus pada pembinaan individu yang berpengetahuan luas dan berkepribadian baik secara akademis maupun pribadi.

Komunitas yang Kuat

WCIJ membina komunitas yang mendukung dan ramah bagi siswa, orang tua, dan staf.

Sementara itu, Dominic Jermey, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, mengatakan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menyambut kedatangan Wellington College ke sektor pendidikan yang berkembang pesat di Indonesia. "Pembukaan sekolah internasional ini akan memperkaya penawaran pendidikan yang luar biasa dari Inggris di ekonomi terbesar Asia Tenggara," ujar Dominic.

Topik Menarik