Viral Pemain Uzbekistan Hirup Benda Misterius saat Lawan Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Viral Pemain Uzbekistan Hirup Benda Misterius saat Lawan Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 19:08
share

DOHA, iNews.id - Viral pemain Uzbekistan menghirup benda misterius saat melawan Indonesia di semifinal Piala Asia U-23 2024. Pemain yang dimaksud bernama Ulugbek Khoshimov.

Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024) malam WIB. Garuda Muda tumbang dengan skor 0-2.

Banyak keputusan wasit China Shen Yinhao yang jadi sorotan di laga tersebut. Antara lain mengenai kemungkinan pelanggaran Witan Sulaeman yang dibatalkan, anulir gol Muhammad Ferarri hingga kartu merah Rizky Ridho.

Tapi selain itu ada satu hal lain yang jadi sorotan yakni saat Khoshimov menghirup benda aneh saat mendapat perawatan medis di babak pertama. Striker bernomor punggung 9 itu sempat terkapar usai dilanggar pemain Indonesia Nathan Tjoe-A-On.

Kemudian Khosimov mendapat perawatan medis. Tapi yang menarik perhatian dia diberikan tim medis sebuah benda berwarna putih untuk dihirup.

Setelah beberapa kali menghirup, Khoshimov langsung bugar dan kembali melanjutkan pertandingan. Muncul pertanyaan, benda apa itu?

Usut punya usut, benda yang dihirup Khosimov adalah kapas yang sudah dibasahi amonia. Senyawa ini tidak termasuk dalam daftar terlarang Organisasi Anti-Doping Dunia dan memiliki manfaat untuk meningkatkan pernapasan dan performa atlet.

Sebelumnya, pemain Rusia juga kedapatan terus-menerus mengendus amonia melalui kapas sebelum pertandingan Piala Dunia 2018. Menurut pers Rusia, amonia membantu meningkatkan konsentrasi dalam waktu yang sangat singkat dengan merangsang pernapasan.

Topik Menarik