Emak-emak Pengemis Viral Dirawat Dinsos Bogor, Diduga ODGJ

Emak-emak Pengemis Viral Dirawat Dinsos Bogor, Diduga ODGJ

Terkini | inews | Selasa, 30 April 2024 - 17:58
share

BOGOR, iNews.id- Seorang perempuan paruh baya berinisial R (56) menjadi viral di media sosial setelah videonya diduga melakukan aksi mengemis paksa di Bogor hingga meresahkan warga. Video tersebut memicu berbagai spekulasi mengenai motif R, mulai dari orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) hingga modus penipuan.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor, berdasarkan hasil assesment awal, menduga R mengalami ODGJ. Hal ini didasari oleh observasi perilaku R yang tidak wajar dan kemungkinan pernyataan yang disampaikannya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita tidak bisa memberikan jawaban (motif) berdasarkan penyertaan dari ibu R karena yang beliau sampaikan bisa saja halusinasi dia," kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bogor Sumartini, Selasa (30/4/2024).

R dievakuasi dari kawasan Lawang Gintung, Bogor Selatan, pada Minggu (28/4) dan dibawa ke Kantor Dinsos untuk mendapatkan pelayanan dan assesment.

Saat ini, R dirawat di RS Marzoeki Mahdi untuk observasi dan penanganan lebih lanjut terkait indikasi ODGJ.

RS Marzoeki Mahdi membenarkan bahwa R dirawat di rumah sakit tersebut. Kondisinya stabil dan sudah masuk ruang rawat inap.

"Kondisinya tenang, sudah masuk ruang rawat inap," ujar Manajer Hukum dan Humas RS Marzoeki Mahdi, Prahardian Priatama.

Namun, Prahardian belum dapat memastikan diagnosis R karena terikat privasi pasien. Ia juga belum menerima informasi terkait keluarga R.

"Belum ada (keluarganya). Karena dibawa oleh Dinsos nanti kita akan kembalikan ke Dinsos," tuturnya.

Topik Menarik